HOME, Bugar

Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Kulit Sedang Berjerawat

Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Kulit Sedang Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Bagi anda yang sedang berjerawat, kulit juga harus dirawat dari dalam seperti mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi beberapa jenis makanan ini dipercaya mampu meredakan dan mengatasi kulit Anda. Makanan ini lebih banyak mengandung serat seperti buah dan sayur. 

Selain dibantu dengan perawatan skincare, diharapkan dapat mencegah munculnya jerawat dan tidak semakin parah. Berikut beberapa makanan yang harus dikonsumsi saat berjerawat dilansir dari realfood.co.id dan thebodyshop.co.id, yaitu:

1. Mentimun

Mentimun

Makanan yang harus dikonsumsi saat berjerawat yang pertama yaitu Mentimun. Mentimun terkenal dengan kandungan vitamin C tinggi dan dapat mengurangi peradangan saat kulit sedang berjerawat. Kandungan vitamin C dan serat yang ada pada buah mentimun terbukti mampu menghilangkan jerawat, bahkan menghilangkan bekas jerawat. Selain dikonsumsi secara langsung, buah mentimun juga dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

2. Alpukat

Daun alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat. Vitamin E dan C berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit, serta mengurangi peradangan kulit. Dengan berkurang peradangan kulit, maka jerawat pun akan hilang lebih cepat. Anda dapat mengonsumsi jus alpukat yang rasanya enak dan banyak gizinya.

Baca Juga: Lawan Kulit Dehidrasi, 5 Produk Skincare Ini Wajib Dibawa Saat Perjalanan Mudik

3. Pisang

Pisang

Makanan yang harus dikonsumsi saat berjerawat selanjutnya adalah Pisang. Buah ini terkenal kaya akan vitamin, mineral, serat dan kaya akan antioksidan juga. Beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang yaitu vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium, dan potasium. Dengan kandungan gizi yang sangat banyak, tidak mengherankan jika pisang harus anda konsumsi saat berjerawat atau kulit tidak sehat.

4. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa mengatasi masalah jerawat. Bawang putih selalu dijadikan bumbu masakan di rumah. Bawang putih memiliki kandungan senyawa alisin, yang setelah dicerna oleh tubuh, dapat membantu mengusir bakteri dan virus. Termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain sebagai bumbu, bawang putih dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai campuran salad atau campuran lauk-pauk.

5. Teh Hijau

Teh hijau

Makanan yang harus dikonsumsi saat jerawat yaitu teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi produksi sebum (kelenjar minyak).Selain itu, teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit saat berjerawat.

Anda dapat mengonsumsinya dengan cara menyeduh teh hijau, lalu meminumnya dengan tambahan gula atau madu. Teh hijau yang tawar akan terasa segar diminum dalam keadaan dingin dengan tambahan es batu.

Penyembuhan jerawat juga dibantu dengan pilihan makanan yang sehat, perawatan skincare dan kebersihan wajah. Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intens. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News