HOME, Bugar

Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

MOMSMONEY.ID - Sakit kepala yang dirasakan akan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Kondisi ini biasanya berupa rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada bagian kepala.

Rasa sakit atau nyeri yang dialami dapat berupa tekanan pada area kepala hingga kepala yang terasa berdenyut kencang. 

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Nah selain dengan istirahat dan minum obat sakit kepala, Anda juga bisa makan buah untuk membantu menghilangkan kondisi ini lebih cepat lagi.                               

Untuk membantu menghilangkan sakit kepala, ada beberapa rekomendasi buah yang dapat Anda coba.

Baca Juga: Stres Bisa Menjadi Penyebab Utama Migrain, Kenali Penyebab Lainnya

1. Pisang

Pisang juga bisa Anda manfaatkan sebagai buah untuk menghilangkan sakit kepala, termasuk sakit kepala kluster. Pasalnya, buah pisang mengandung kalium yang tinggi.

Adapun kalium dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang hilang saat mengalami sakit kepala akibat dehidrasi. 

2. Nanas

Buah untuk sakit kepala berikutnya adalah buah nanas. Buah ini mungkin bisa Anda gunakan untuk meredakan jenis sakit kepalasekunder, terutama yang terjadi akibat infeksi sinus atau sinusitis.

Di dalam buah nanas terdapat enzim bromelain yang berfungsi mencerna protein.

3. Alpukat

Selain pisang, buah dengan kadar magnesium yang tinggi juga ditemukan pada alpukat. Dengan demikian, buah ini bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk membantu menghilangkan sakit kepala.

Tidak hanya mengandung magnesium, alpukat juga kaya akan nutrisi lainnya, yaitu lemak sehat, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan juga kalium, yang seluruhnya baik dikonsumsi oleh penderita sakit kepala.

4. Semangka

Semangka adalah buah untuk menghilangkan sakit kepala akibat dehidrasi. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala sebelahatau migrain.

Adapun buah semangka diketahui mengandung 92% air yang dapat mengembalikan kadar cairan tubuh.

Baca Juga: Penderita Vertigo Sebaiknya Hindari Makanan Ini

5. Apel

Apel merupakan buah yang aman dikonsumsi untuk penderita sakit kepala, termasuk yang memiliki gejala migrain. Pasalnya, buah ini mengandung kadar tiramin yang rendah.

Tak hanya itu, Apel disebut mengandung serat yang tinggi serta vitamin C dan beberapa senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan. 

Mengonsumsi buah ini juga bisa Anda coba untuk meredakan sakit kepala yang Anda alami. Semua kandungan ini secara tidak langsung dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Selain menjalani pola makan sehat, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan istirahat, perhatikan asupan air putih, dan juga kelola stres dengan baik agar dapat mencegah sakit kepala.

Selanjutnya: Redakan Vertigo dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News