HOME, Bugar

Konsumsi 5 Buah ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi 5 Buah ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit jantung disebut sebagai penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah stroke.

Berbicara penyakit jantung, tentunya membicarakan banyak faktor penyebabnya. Salah satunya adalah pola makan yang buruk, sehingga menimbulkan penyakit yang memicu penyakit jantung. 

Ada beberapa jenis buah yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kondisi jantung sebagai berikut.

Baca Juga: Tidak Hanya Sebagai Penyedap, Kucai Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

1. Apel

Apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol, di dalam darah. Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan), yang memiliki efek antioksidan.

Dibanding daging buahnya, kulit apel memilliki kadar polifenol yang lebih tinggi. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi apel, beserta kulitnya. Salah satu jenis polifenol yang dikandung apel adalah flavonoid epicatechin.

Flavonoid ini, bisa menurunkan tekanan darah. Lebih dari itu, buah yang baik untuk jantung ini pun mampu mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat).

2. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kalium merupakan mineral yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan garam atau natrium yang rendah.

Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang. 

3. Jeruk

Jeruk yang sangat menyegarkan dan mengandung banyak air ini, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan kadar kolesterol, hingga baik untuk jantung. Jeruk mengandung vitamin C, serat, kalium, dan kolin.

Semua komponen ini sangatlah menyehatkan untuk jantung. Sebut saja kalium, yang bisa menghindarkan jantung dari kondisi aritmia(detak jantung yang tidak normal).

4. Alpukat

Alpukat memang mengandung lemak. Namun, jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

5. Manggis

Kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah di ekstrak mengandung zat xanthones. Zat ini mengandung antioksidan super yang bisa membantu untuk mengobati penyakit jatung.  

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Jamur juga Memiliki Manfaat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Setiap makanan yang Anda konsumsi, memengaruhi kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, selalu pilih asupan sehat, seperti sayur dan buah. Langkah ini terlihat sederhana, tapi mampu menjauhkan Anda dari penyakit jantung di kemudian hari.

Selanjutnya: Rambut Rontok Berlebihan? Konsumsi 5 Makanan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News