HOME, Bugar

Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit Anda

Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit Anda

MOMSMONEY.ID - Menjaga dan merawat kesehatan kulit tidak hanya di dapatkan dari produk skincare saja.

Anda juga perlu mendapatkan asupan yang baik untuk kulit. Ingatlah bahwa apa yang Anda makan tentu akan berpengaruh dengan kondisi kesehatan kulit.

Mulai hindari atau batasi jumlah makanan yang memiliki gula tinggi, berminyak dan lemak. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Mengutip dari thebodyshop.co.id dan jovee.id, berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit, yaitu: 

1. Ikan Sarden

Makanan pertama untuk menjaga dan merawat kulit yaitu ikan sarden. Ikan sarden mengandung asam lemak omega 3, asam lemak ini mempunyai manfaat dapat mengatur suasana hati yang mana dapat mengolah stres, mengatasi peradangan kulit dan jerawat. 

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, sebaiknya mengonsumsi empat hingga lima porsi ikan berminyak per minggu untuk mengobati kondisi tersebut. Selain itu, Ikan sarden juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk tubuh.  

2. Pepaya

Makanan yang baik untuk kesehatan kulit selanjutnya yaitu buah pepaya. Pepaya memiliki kandungan vitamin A, beta carotene, dan enzim papain.

Enzim papain bukan hanya membantu pencernaan dengan memecah protein yang tidak aktif, tapi berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. 

Antioksidan bisa mengatasi kerusakan radikal bebas pada kulit dan membantu menyembuhkan kerusakan kulit dengan mempercepat regenerasi sel.

Baca Juga: Anda Harus Tahu! Ini 4 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

3. Brokoli

Brokoli juga salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan kulit. Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, yang mana vitamin C dapat mencerahkan kulit Anda. 

Selain itu, berkat kandungan vitamin C nya ini, brokoli mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang menyebabkan kulit keriput dan merusak DNA dalam sel-sel kulit.

4. Kacang Almond

Makanan yang baik untuk kulit lainnya adalah kacang almond. Kacang almond mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit.

Vitamin E sendiri berguna sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lain yang memicu radikal bebas dan merusak sel-sel kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News