Santai

Selama Libur Natal & Tahun Baru, Cuaca Ekstrem Berpotensi Selimuti Jakarta

Selama Libur Natal & Tahun Baru, Cuaca Ekstrem Berpotensi Selimuti Jakarta

MOMSMONEY.ID - Berdasarkan analisis cuaca terbaru, BMKG melihat adanya potensi signifikan dinamika atmosfer. Ini menyebabkan adanya peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jakarta dan sekitarnya. 

BMKG menjelaskan prakiraan cuaca ekstrem dengan potensi hujan sedang hingga hujan lebat akan terjadi di DKI Jakarta selama 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. Wilayah lain yang juga memiliki potensi hujan sedang dan lebat adalah Lampung. 

Selain itu, di wilayah Jawa Barat & Banten berpotensi adanya hujan lebat hingga sangat lebat. Khusus wilayah ini perlu memperhatikan potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus dengan persentasi cakupan spasial lebih dari 75% (FRQ/Frequent) yang dapat mengganggu jalur penerbangan. 

Baca Juga: Promo Hypermart Edisi Natal 20-26 Desember 2022, Ada Aneka Aksesori & Hampers Natal

Anda juga perlu waspada dengan potensi gelombang tinggi  4-6 meter di Samudera Hindia selatan Banten dan Jawa Barat. Serta waspada potensi gelombang tinggi kategori 2,5 - 4 meter di Laut Jawa, Selat Sunda dan perairan selatan Banten. 

Lebih lanjut, selama periode 21 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, BMKG menjelaskan terlihat adanya aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan. 

Intensifikasi seruakan dingin Asia juga diprediksi dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonsia bagian barat dan selatan. Ini juga dapat meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara. 

Adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan serta peningkatan gelombang tinggi di sekitarnya. 

Baca Juga: Najwa Shihab Tonton Argentina vs Prancis, Ini Harga Tiket Final Piala Dunia 2022

Terpantaunya beberapa aktivitas gelombang atmosfer yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, kondisi tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia terutama di bagian tengah dan timur. 

Demikian informasi mengenai waspada hujan lebat di wilayah Jakarta dan sekitarnya selama periode liburan Natal dan Tahun Baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News