HOME, Keluarga

Klasik Tapi Berkesan, Ini Inspirasi Lantai Keramik dengan Pola Papan Catur

Klasik Tapi Berkesan, Ini Inspirasi Lantai Keramik dengan Pola Papan Catur

MOMSMONEY.ID - Dari bentuk-bentuk ubin yang ada, ubin berbentuk persegi termasuk yang paling populer. Ubin ini biasanya hanya disusun dengan satu warna, sehingga dapat terlihat monoton dan membosankan.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya keramik persegi Anda tampil beda adalah dengan menyusunnya dengan pola papan catur. Umumnya, pola ini dibentuk dengan memasang keramik persegi berwarna hitam dan putih secara selang-seling. Walaupun begitu, Anda boleh-boleh saja menggunakan warna lain pada pola ini.

Keramik dengan pola papan catur memang terdengar simpel, tapi pola yang satu ini ampuh mengubah suasana interior rumah sehingga menarik perhatian. Selain itu, pola ini dapat Anda gunakan pada area apapun di rumah, mulai dari teras, dapur, hingga kamar mandi.

Ingin menggunakan pola keramik ini untuk lantai rumah? Yuk, lihat dulu inspirasinya di bawah ini. Siapa tahu, ada satu atau dua ide yang bisa Anda contek!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rice Cooker Digital yang Canggih, Tak Hanya Bisa Masak Nasi!

Pola yang klasik

Pola papan catur yang klasik menggabungkan keramik persegi berwarna hitam dan putih yang dipasang secara linear dan berselang-seling. Pada rumah yang didominasi warna netral dan polos, kehadiran pola papan catur pada lantai dapat menarik perhatian siapa saja yang memasuki ruangan.

Interior rumah di atas menggunakan warna putih yang mendominasi hampir seluruh permukaannya, ditambah pintu berwarna biru lembut. Untuk melengkapi kesan klasik pada rumah, pemiliknya menggunakan keramik persegi dengan pola papan catur. Warna lantai yang netral pun terlihat cocok dengan interior rumah dan menghadirkan kesan unik yang tetap simpel.

Bentuk diagonal

Mirip dengan interior rumah sebelumnya, pola papan catur juga digunakan pada interior rumah yang satu ini. Jika interior rumah sebelumnya menggunakan susunan linear atau lurus, yang ini menggunakan susunan diagonal.

Caranya, keramik persegi diputar sebanyak 45 derajat sehingga membentuk diamond atau belah ketupat. Lantai yang disusun dengan cara ini dapat memberi ilusi ruangan yang dinamis dan lapang, sehingga terhindar dari kesan kaku.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Menghindari Pakaian Bau Apek Saat Musim Hujan, Tidak Sulit!

Nuansa vintage di kamar

Karena terkesan klasik, lantai papan catur bisa Anda gunakan untuk melengkapi penampilan interior rumah bergaya vintage.

Contohnya seperti kamar tidur di atas. Dengan penggunaan furnitur dan dekorasi yang terkesan vintage, penggunaan lantai dengan pola papan catur dapat memperkuat kesan tersebut. Pemilik kamar memilih untuk menggunakan keramik berukuran kecil sehingga lantai terlihat penuh dan ramai.

Warna merah yang menarik perhatian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lantai keramik dengan pola papan catur tidak harus menggunakan warna hitam dan putih. Anda dapat mengganti warna hitam dengan warna lainnya, misalnya seperti dapur di atas yang menggunakan warna merah dan putih.

Perpaduan warna merah dan putih yang mencolok membuat lantai dapur tersebut langsung menjadi pusat perhatian. Anda dapat menggunakan warna putih pada dapur untuk mengimbangi kesan intens dari warna merah, atau meniru pemilik dapur yang menggunakan warna hijau dan kuning yang membuat suasana dapur makin meriah.

Selanjutnya: 4 Inspirasi Taman ala Jepang yang Cantik dan Menenangkan, Dijamin Suka!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News