Santai

Klasemen Medali SEA Games 2023, Indonesia Mantap di Posisi Ini

Klasemen Medali SEA Games 2023, Indonesia Mantap di Posisi Ini

MOMSMONEY.ID - Kontingen Indonesia terus bersaing di papan atas klasemen medali SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia ada di peringkat berapa?

Berdasarkan data dari NOC Indonesia atau Komite Olimpiade Indonesia (KOI), hingga Minggu (7/5/2023) pukul 23.00 WIB, Merah Putih menempati peringkat kedua klasemen medali SEA Games 2023. 

Indonesia sejauh ini menyabet 16 medali emas, 10 medali perak, dan 29 medali perunggu

Pada Minggu kemarin, Indonesia mendapat tambahan delapan medali emas dari cabang olahraga (cabor) bersepada, vovinam, karate, pencak silat, hoki, dan renang. 

Medali emas dari cabor bersepada diraih Feri Yudoyono, Zaenal Fanani, Dara Latifah, dan Sayu Bella Sukma Dewi, yang turun di nomor mixed mountain bike cross-country relay. 

Lalu, di cabor vovinam, medali emas lahir lewat perjuangan Manik Trisna Dewi Wetan yang turun di nomor Yin Yang sword form perseorangan putri. 

Baca Juga: Jadwal Final Voli Putra SEA Games 2023, Indonesia Siap Lanjutkan Tradisi Emas

Setelah itu, tim karate Indonesia berhasil menyumbangkan satu medali emas berkat kontribusi Sandi Firmansyah di nomor kumite 84 kg perseorangan putra. 

Kemudian, tim pencak silat mampu mempersembahkan dua medali emas melalui Puspa Arum Sari (nomor artistik perseorangan putri) dan Anggri Faisal Mubarok/Asep Yuldan Sani/Rano Slamet Nugraha (nomor artistik beregu putra). 

Perjuangan kontingen Indonesia kemudian berlanjut ke cabor hoki dan renang. 

Di cabor hoki, Indonesia sukses mengamankan satu medali emas lewat perjuangan timnas putra hoki indoor. 

Timnas hoki indoor putra Indonesia dipastikan meraih medali emas seusai meruntuhkan dominasi tim Malaysia dalam ajang SEA Games.

Sebelum ini, Malaysia selalu meraih medali emas sejak hoki indoor yang mulai dipertandingkan pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. 

Keberhasilan timnas hoki indoor putra Indonesia menjadi krusial bagi kontingen Merah Putih yang tengah bersaing di papan atas klasemen medali SEA Games 2023. 

Baca Juga: Disebut Queef, Ini Penjelasan dan Penyebab Kentut saat Berhubungan Seks

Selanjutnya, dua atlet dari cabor renang menambah perolehan medali emas Indonesia. 

Dua atlet renang yang berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia adalah I Gede Siman Sudartama (50 meter gaya punggung putra) dan Masniari Wolf (50 meter gaya punggung putri).

Pencapaian tersebut membantu Indonesia untuk terus bersaing di papan atas klasemen medali. 

Posisi Indonesia dibayangi Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengoleksi 15 medali emas, berdasarkan data dari NOC Indonesia. 

Saat ini, Vietnam menempati peringkat ketiga dengan koleksi 15 medali emas, 19 perak, dan 27 perunggu. 

Sementara Thailand menduduki peringkat keempat dengan torehan 15 emas, 17 perak, dan 26 perunggu. 

Posisi teratas klasemen medali SEA Games 2023 masih diduduki oleh tuan rumah Kamboja yang mengantongi 29 emas, 21 perak, dan 21 perunggu.

Itulah klasemen medali SEA Games 2023 hingga Minggu (8/5) pukul 23.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Klasemen Medali SEA Games 2023: Kamboja, Indonesia, Vietnam 3 Besar"

Penulis: Benediktus Agya Pradipta
Editor: Aloysius Gonsaga AE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News