BisnisYuk

Kisah Sukses Nova Puspita Merintis Bisnis Parfum Lokal

Kisah Sukses Nova Puspita Merintis Bisnis Parfum Lokal

MOMSMONEY.ID - Saat industri skincare dan makeup lokal menjadi primadona bisnis kala itu, Nouva Puspita, Founder sekaligus CEO dari Carl & Claire justru sukses dengan membawa serangkaian aroma parfum menarik untuk menciptakan rasa percaya diri bagi para penggunanya.

Hadirnya Carl & Claire didasari oleh tren yang terus berkembang serta kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi, namun dengan harga bersahabat. Walau diawali dengan keraguan, terpatahkan dengan rasa ingin tahu Nouva Puspitas yang justru membawanya berani mengulik lebih dalam mengenai potensi dan peluang bisnis di industri ini.

Demi mewujudkan mimpinya tersebut, di tahun 2019 Nouva akhirnya mengawali perjalanan bisnisnya dari pasar offline hingga akhirnya masuk dan sukses merambah ranah digital bersama Shopee. 

Baca Juga: Promo 9.9 KFC Spesial HUT Colonel Sanders, Ada KFC Bucket Isi 10 Ayam Khusus 1 Hari

Tren wewangian terus berkembang dan parfum merupakan salah satu item yang sering digunakan. Tidak hanya untuk memberikan sentuhan aroma wangi, parfum juga menjadi salah satu aspek yang digunakan dalam membangun kepercayaan diri.

Melalui ragam produk Carl & Claire, Nouva berupaya untuk membawa sisi baru untuk memajukan industri parfum lokal dengan menghadirkan karya parfum yang inovatif dan berkualitas. 

Nouva Puspita, CEO dari Carl & Claire mengatakan, perasaan ragu menjadi bagian dari awal perjalanan saat mendirikan Carl & Claire, khususnya dengan peta persaingan industri yang didominasi para pemain bisnis lama dan sudah memiliki nama besar.

"Dengan tekad yang kuat, kami terus belajar dan mencari solusi terhadap setiap kendala yang dihadapi. Perjalanan kami tidak serta merta terbilang mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi," ujarnya dalam virtual media gathering Shopee 9.9. super shopping day.

Nouva menambahkan salah satu tantangan yang kerap dihadapi ketika tahun pertama kelahiran Carl & Claire sebanyak 30 varian koleksi berhasil dipasarkan. Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan.

Belajar dari kegagalan tersebut, kini Nouva bilang ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat.

"Di mana sesuai dengan misi awal kami untuk membangun kepercayaan diri serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau," tambahnya.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Kembali Bergerak Naik, Rabu (7/9)

Mengawali perjalanan bisnis nya dengan berpartisipasi pada offline Bazaar, disitulah Nouva banyak belajar dan mengumpulkan informasi melalui interaksi langsung. Mulai dari mengetahui lebih dalam serba serbi parfum dari kacamata konsumen, seperti concern yang dimiliki, faktor yang menjadi daya tarik, dan belajar memahami perilaku belanja konsumen.

Tidak hanya itu, terdapat ruang pembelajaran bagi Nouva dalam perjalanan bisnis Carl & Claire. Mulai dari stok yang diperkirakan akan laku selama tujuh hari pameran, justru hanya berhasil terjual lima botol selama dua hari berlangsung hingga ribuan botol yang telah disiapkan untuk penjualan produk terbaru, kenyataan dilapangan hanya sukses terjual puluhan unit.

Menjadi pembelajaran besar dalam perjalanan karir di industri ini, Nouva mengkaji apa yang menjadi pemicu kegagalan dan mencari formula penanganannya. Seperti halnya saat Carl & Claire dihadapkan pada situasi pandemi yang memaksa Nouva untuk untuk menyusun ulang strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru. Keterbatasan ruang gerak serta perubahan perilaku konsumen, Carl & Claire mulai lebih fokus memanfaatkan ranah digital untuk lebih dekat dengan konsumen. Mulai dari pembuatan konten menarik hingga memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee yang dapat memperluas jangkauan serta kemudahan akses bagi konsumen.

Baca Juga: Kulit Anda Jerawatan? Lakukan 5 Tips Diet untuk Kulit Berjerawat Berikut Ini!

Setelah menjalankan bisnis offline, Nouva melihat kemajuan teknologi tidak hanya menawarkan cara baru dalam pembuatan produk parfum yang inovatif. Perkembangan bisnis belanja online akhirnya membawa Nouva memulai berjualan dan bergabung bersama Shopee. 

“Khususnya di tengah situasi pandemi, dimana kami pelaku usaha dihadapkan oleh keterbatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat. Namun, Shopee tetap terus memberikan wadah dan semangat bagi para pelaku usaha melalui inovasi dan program demi menjaga keberlangsungan bisnis kami,”  sebut Nouva.

Dengan antusiasme pengguna terhadap produk-produknya, sejak tahun 2021, Carl & Claire telah bergabung di ShopeeMall guna semakin memperkuat presence dalam ranah digital. Bersama dengan ShopeeMall, Nouva berupaya untuk semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand terhadap konsumen.

Terbukti hingga saat ini salah satu produk favorit dari Carl & Claire, Black Orchid Perfume yang terjual habis setiap mengikuti kampanye. Antusiasme pengguna juga terlihat pada beberapa produk terfavorit di aplikasi Shopee antara lain Rosie Collection, Delicate, Lady dan Travel Size 12 ml. Produk-produk ini sering ditanyakan melalui fitur chat dan menjadi wishlist product dari pengguna Shopee. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News