BisnisYuk

Kisah Sukses Melly Oliviani Mengembangkan Bisnis Baso Aci

Kisah Sukses Melly Oliviani Mengembangkan Bisnis Baso Aci

MOMSMONEY.ID - Sukses membesarkan sebuah bisnis, memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras dan banyak hal yang dilakukan untuk itu. Hal inilah yang dialami Melly Oliviani, pemilik dari Nyakrek Baso Aci. 

Kesuksesan Melly merintis usaha, bermula sejak ia curhat dengan sang kakak. Usaha yang dirintisnya adalah baso aci, produk makanan rumah kemasan praktis yang dipadukan dengan bumbu rempah otentik rahasia dapur keluarga.

Melly mengaku awal membuka usaha kuliner baso aci, ia menggelontorkan modal Rp 200.000. Dia bercerita bisnis Nyakrek Baso Aci dimulai dengan berjualan dari mulut ke mulut melalui aplikasi sosial media.

Meskipun menjual makanan adalah hal yang baru baginya dan sempat merasa ragu akan hasilnya, seiring berjalannya waktu tak disangka produk Baso Aci Nyakrek buatannya pun mendapat respon positif dan semakin digemari oleh pelanggan setianya.

Setelah berbagai lika-liku dilewati, kini Melly berhasil membuka lapangan kerja untuk tetangga sekitarnya, dengan memiliki lebih dari dua puluh karyawan. "Saya tidak menyangka modal Rp 200.000 mampu mengantarkan saya sukses berjualan bakso aci," katanya.

Untuk membantu mengembangkan usahanya, Melly memberdayakan tetangga dan kerabat  menjadi karyawan.

Ternyata, hobi kulineran lokal saya dapat menghasilkan pundi-pundi yang cukup untuk menjalani roda kehidupan, termasuk membantu saudara dan kerabat sendiri," ujar Melly Oliviani.

Baca Juga: Siap-Siap, Redmi 10 5G Segera Meluncur di Tanah Air

Merasa tak cepat puas, selama empat tahun berdiri, Nyakrek Baso Aci telah melahirkan ragam menu kuliner lokal yang menggugah selera. Di mulai dari menu pertamanya Baso Aci Tulang Rangu, kemudian Melly menambah varian Baso Aci Nyekrek Ayam, serta ada juga menu makanan ringan sebagai pendamping Baso Aci, seperti Kulit Crispy Pedas, Usus Crispy, Basreng Pedas, Makaroni Keripik Mie, hingga berbagai varian menu keripik lainnya yang ia jual di platform Shopee.

Selama menjalankan bisnis Nyekrek Baso Aci, Melly mengaku konsisten menggunakan bahan baku yang berkualitas untuk menjaga cita rasa produknya. Dalam proses pembuatan, bahan baku utama bakso aci sendiri terbuat dari tepung kanji, tulang rawan ayam dan berbagai bumbu rempah lainnya. Dahulu, ketika pertama kali memulai bisnis, Melly memenuhi kebutuhan bahan bakunya secara mandiri dengan berbelanja ke pasar segar di dekat rumahnya.

Namun, seiring perkembangan bisnis yang semakin besar, kini strategi Melly adalah bekerja sama dengan salah satu penyedia bahan baku andalannya dengan sistem suplai pasokan setiap hari demi menjaga kualitas kesegaran produk yang akan diproduksi.

Baca Juga: Promo Shopee Mega Deals, Beli Pulsa IM3 dan Tri Dapat Banyak Bonus!

Naik turun omset pun sudah dirasakan Melly, apalagi saat masa pandemi yang membuat bahan baku naik dan daya beli masyarakat cenderung menurun.

Akan tetapi, hal tersebut tidak memudarkan rasa semangat Melly untuk memberikan pelayanan terbaik dan produk berkualitas, serta konsistensi dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Alhasil, produk Nyakrek Baso Aci kini sudah terdaftar secara resmi, dan juga telah mendapatkan sertifikasi label halal MUI. Lantas, Melly memastikan bahwa seluruh produk makanan Nyakrek Baso Aci  layak untuk dikonsumsi masyarakat. 

“Setiap harinya, kami di Nyakrek Baso Aci berkomitmen menjaga kualitas bahan baku produk makanan pada tempat dan suhu yang memadai. Bahan baku segar selalu disimpan di lemari pendingin, bumbu-bumbu penyedap rasa disimpan pada box higienis dengan suhu ruangan, hingga kemasan produk yang terbuat dari bahan baku yang aman dan tidak mencemari kualitas dan rasa makanan di dalamnya," jelas Melly Oliviani. 

Lebih lanjut, Melly juga menyarankan produk Nyakrek Baso Aci sebaiknya disimpan pada freezer lemari pendingin, karena seluruh produk Nyakrek Baso Aci tidak menggunakan bahan pengawet. Menurutnya, produk bakso aci bertahan maksimal enam hari pada suhu ruangan dan dua minggu jika disimpan di freezer. Selain itu, untuk produk varian keripik dapat bertahan hingga dua bulan jika disimpan dengan suhu ruangan.

Baca Juga: Promo Telkomsel di Shopee, Beli Paket Data Bonus Pulsa Plus Cashback!

Ke depannya, Melly berencana untuk membuka gerai Nyakrek Baso Aci secara offline di beberapa kota. Ia ingin menjangkau dan menyapa para pelanggannya secara langsung dan menikmati sajian bakso acinya dengan pengalaman baru. Walau itu adalah perjalanan panjang berikutnya, ia tetap memfokuskan bisnisnya secara daring di platform Shopee yang nantinya akan terintegrasi dengan gerai offline-nya. 

Kepada para pelaku UMKM lainnya, terutama yang bergerak di bidang makanan, Melly berpesan untuk tidak takut untuk memulai sebuah bisnis. Ketika berbisnis, penting untuk memiliki tujuan yang ingin dicapai, strategi untuk mencapai tujuan tersebut, dan rencana mitigasi jika strategi tidak berjalan dengan baik.

Terlepas dari memulai sebuah bisnis, menurut Melly ada hal yang harus diperhatikan lebih oleh para pelaku UMKMnmm. “Kita harus selalu konsisten dalam setiap lini bisnis yang kita jalankan, baik dalam memasarkan produk, menjaga mutu kualitas produk, dan juga wajib selalu berinovasi menciptakan produk-produk baru yang berbeda dan hits bagi para pecinta kuliner,” tutur Melly Oliviani.

Baca Juga: Telkom Bakal Luncurkan Dunia Metaverse Bernama metaNesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News