Kinerja Reksadana Positif di Tengah Sentimen Global

Kinerja Reksadana Positif di Tengah Sentimen Global

MOMSMONEY.ID - Di tengah sentimen negatif global, pasar masih bergerak positif. Senin (12/9) indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,16% pada akhir. Sementara dalam sepekan per Jumat (9/9), IHSG menguat sebesar 0,91% ke level 7.242. 

Dalam riset Senin (12/9), Infovesta Utama mengatakan IHSG menguat karena didorong oleh sektor energi. Walaupun, harga batubara mengalami sedikit penurunan, seiring dengan harga gas alam Eropa yang mengalami penurunan karena pasokan gas yang sudah terpenuhi sebelum musim dingin. 

Selain itu, IHSG juga terdorong naik karena adanya rilis data indeks keyakinan konsumen Indonesia yang naik sebesar 1,5 poin ke level 124,7 di bulan Agustus. 

Meskipun demikian, pergerakan IHSG cukup volatil di tengah perlambatan ekonomi China yang berlanjut seiring dengan rilis neraca dagang China yang melambat dilihat dari pertumbuhan ekspor yang turun ke 7% secara tahunan. 

Sementara, dari sisi impor tumbuh flat karena adanya pembatasan wilayah karena wabah Covid-19 di China yang semakin meluas. 

Sejalan dengan kondisi tersebut, pasar obligasi juga mengalami penurunan sebesar 0,06% sepekan kemarin. Faktor yang mempengaruhi pertama, adanya sentimen kenaikan suku bunga dari bank sentral Eropa sebesar 75 basis poin. 

Kedua, Gubernur The Fed Jerome Powell menyatakan komitmennya untuk memerangi inflasi. Pelaku pasar jadi memproyeksikan kenaikan suku bunga The Fed akan terjadi lagi sebesar 75 bps dengan probabilitas di atas 80%. 

Di sisi lain, sentimen perlambatan ekonomi global dapat memberikan sinyal positif terhadap pasar obliagsi di tengah yield 10 thun Indonesia masih atraktif di atas 7%.

Baca Juga: Mengupas Strategi Investasi Reksadana Saham Jawara  

Ke depan, Infovesta memproyeksikan volatilitas pasar masih tinggi di tengah The Fed yang masih agresif menaikkan suku bunga. Apalagi, rilis data pekan lalu ISM Non Manufacturing PMI di Agustus dan data klaim pengangguran AS bergerak positif. 

Berikut kinerja pasar reksadana secara year to date hingga Jumat (9/9). 

1. Infovesta Equity Fund Index naik 3,09%
2. Infovesta Balanced Fund Index naik 5,38%
3. Infovesta Fixed Income Fund Index naik 0,02%
4. Infovesta Money Market Fund Index naik 1,79%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News