BisnisYuk

Kiat Pengusaha Mengembangkan Bisnis, Berjaringan Termasuk yang Penting

Kiat Pengusaha Mengembangkan Bisnis, Berjaringan Termasuk yang Penting

MOMSMONEY.ID - Jelang akhir tahun 2022, ekonomi global diprediksi akan mengalami perlambatan atau resesi. Bagi dunia bisnis, disrupsi telah terasa dari terhambatnya rantai pasok hingga pemutusan hubungan kerja massal. Namun, di tengah ketidakpastian, posisi UMKM disebut dapat menjadi penyelamat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun depan. 

Tumpuan kepada UMKM ini bukan tanpa alasan. Berkaca pada resesi dan krisis global yang silih berganti dalam 1 dekade terakhir, ditambah adanya pandemi sejak 2020, telah membuktikan bahwa pelaku UMKM memiliki daya tahan menghadapi tantangan ekonomi ini.

Tidak hanya soal bisnis, kuatnya UMKM Indonesia juga merupakan hasil dari mental baja para pelaku usaha. Selain dapat bertahan, resiliensi para pelaku bisnis tanah air juga diharapkan dapat membawa beragam peluang lain, sehingga tantangan ekonomi ini dapat berdampak positif bagi pertumbuhan bangsa.

Dewan Komisioner sekaligus Program Founder Diplomat Success Challenge, Surjanto Yasaputera mengemukakan, bahwa mental pengusaha menjadi sangat penting dan menentukan bagi kelangsungan sebuah usaha, apapun skala bisnisnya.

"Pemahaman akan industri, kepiawaian, serta persona yang kuat dari seorang founder atau CEO akan membuka banyak peluang bagi bisnis untuk terus berjalan berkelanjutan," ucap Surjanto dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Baca Juga: Song Joong-Ki Sambangi Jakarta Akhir November Ini

Sebagai gambaran para pengusaha dalam mengembangkan bisnis, berikut trik-trik yang bisa dilakukan agar bisnis dapat bertahan dan terus berkembang.

1. Administrasi yang dikelola dengan baik

Administrasi kerap dikesampingkan oleh pelaku usaha. Padahal kerapian administrasi pada bisnis kecil pun dapat membawa dampak yang signifikan pada operasional perusahaan. Pembuatan faktur, pengelolaan pengeluaran, penggajian, dan pembukuan dasar menjadi beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. 

2. Rekrutmen dan SDM

Bisnis dengan skala mikro dan kecil seringkali dikelola dalam tim kecil. Namun, kebutuhan akan ekspansi bisnis pastinya menuntut personil yang lebih banyak dengan keahlian yang beragam. Maka dari itu, penting sekali melakukan proses rekrutmen untuk membentuk tim kerja yang tepat demi keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis di masa depan. 

3. Pemasaran, Media Sosial, dan Manajemen Hubungan Pelanggan

Memasarkan dan mempromosikan bisnis di media digital, terutama di media sosial, merupakan hal yang krusial saat ini. Kini banyak aplikasi dan instant tools yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimasi kehadiran sebuah bisnis di ranah digital. Pastikan alat pemasaran digital sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan jangan ragu untuk mengeksplorasi beragam alat pemasaran digital lainnya.

4. Jaringan

Salah satu bagian penting dari mengembangkan bisnis adalah menciptakan jaringan bisnis. Pelaku bisnis perlu berjejaring dengan bisnis kecil lainnya, vendor, mitra kerja, dan bahkan calon investor. Membangun relasi dan jaringan kadang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis kecil. Namun, saat ini terbuka banyak kesempatan untuk bergabung di jaringan bisnis, asalkan para pengusaha jeli melihat potensinya. 

Baca Juga: 5 Jenis Natural Oil yang Bermanfaat untuk Membantu Mengatasi Stretch Mark

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News