CLOSE [X]
ads

Kiat Memulai Bisnis Fesyen

Reporter: Jane Aprilyani
Rabu, 12 Januari 2022 | 12:55 WIB
Kiat Memulai Bisnis Fesyen

ILUSTRASI. Ecommerce Fashion dan Lifestyle Zilingo


MOMSMONEY.ID - Memasuki tahun 2022, pelaku bisnis khususnya UMKM semakin percaya diri akan peluang sukses di tahun ini.

Melina Marpaung, Country Manager Zilingo Indonesia mengatakan, bagi para pelaku usaha yang baru mulai terjun, ini adalah saat yang tepat.

Infrastruktur digital Indonesia yang semakin matang dan didukung dengan platform online yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya memungkinkan pelaku usaha untuk semakin berkembang cepat.

Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan persiapan yang matang agar dapat memiliki pondasi kuat dalam mulai mengembangkan merek Anda. Nah, Melina melihat belakangan usaha di bidang fesyen pun kian marak bermunculan.

Mulai dari skala kecil hingga skala yang besar, bisnis di bidang fesyen pun terus berkembang. Hal ini pun turut membesarkan bisnis di fesyen itu sendiri.

Lantas, bagaimana dengan pelaku usaha di bidang fashion yang baru saja memulai? Berikut lima langkah mudah yang bisa diikuti ala Melina Marpaung.

Baca Juga: 6 Tips untuk Membantu Mengatasi Balita yang Suka Memukul

1. Mengamati Tren Pasar

Cara mudah dalam mengamati tren adalah dengan melakukan riset produk. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah data tren sesuai dengan kondisi pasar agar produk yang Anda pilih nantinya dapat dengan mudah diterima.

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah melihat di media sosial dan mencari lewat Google atau situs web terkait riset fashion. "Selain itu, dapat juga melakukan survei kepada konsumen untuk dapat mengerti lebih detail keinginan konsumen Anda," kata Melina.

2. Mengenali Target Pasar

Jika Anda sudah mengetahui target pasar, Anda dapat menciptakan produk yang disukai dan dibutuhkan.

Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengenali target Anda adalah dengan melihat dari kompetitor Anda. Coba lihat dan analisis produk kompetitor Anda, melalui analisis ini dapat diketahui celah yang belum dimiliki oleh kompetitor dan Anda dapat menciptakan peluang dari itu.

Selain itu, Anda juga dapat membuat Buyer Persona. Buyer Persona merupakan gambaran secara jelas target pasar Anda, biasanya Persona ini akan memiliki karakteristik, kebiasaan, demografi, dan lainnya. Lakukan banyak riset dan kumpulkan

Baca Juga: Jangan Lewatkan 4 Film Horor Terbaru yang Tayang Tahun Ini, Ada Pengabdi Setan 2!

3. Pelajari Kompetitor

Banyak hal yang dapat dipelajari melalui kompetitor Anda, mulai dari produk yang dipasarkan, teknik pemasaran, hingga cara melakukan distribusi produk. Mempelajari kompetitor Anda akan sangat membantu dalam memulai bisnis karena Anda dapat melihat peluang lebih jelas dan mengenali keunggulan produk Anda sendiri.

Salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan di era ini adalah media sosial kompetitor Anda, karena dapat dilihat bagaimana kompetitor berkomunikasi dengan pelanggannya.

Selain itu, melihat review pelanggan terhadap kompetitor Anda juga tidak kalah pentingnya. Hal ini membantu Anda untuk dimengerti kelebihan dan kekurangan kompetitor.

Baca Juga: Cara Pinjam Pulsa Darurat Telkomsel, Solusi Cepat untuk Situasi Mendadak

4. Persiapkan Konsep Bisnis

Konsep bisnis atau business plan ini akan menjadi pedoman dalam memulai dan menjalankan bisnis. Beberapa poin penting untuk diketahui dalam membuat konsep bisnis adalah berikut

  1. Analisis Pasar: Berisi hasil pengamatan pasar yang terdiri dari: target pasar, kompetitor, dan keunikan bisnis Anda.
  2. Deskripsi Merek: Cerita di balik merek dan kekuatan bisnis Anda. Seperti visi misi atau tagline unik merek Anda.
  3. Penjelasan Produk: Deskripsi produk apa saja yang akan Anda buat mulai dari style, karakter, warna, atau jenis koleksi.
  4. Strategi Pemasaran: Strategi apa yang Anda pakai dalam memasarkan bisnis fashion Anda.
  5. Analisis Keuangan: Penjelasan mengenai bagaimana pengaturan keuangan yang akan Anda lakukan, mulai dari penentuan fashion, harga produk, membagi biaya operasional hingga perhitungan keuntungan.

Baca Juga: Epidemiolog: Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Harus Betul-Betul Diawasi

5. Persiapkan Produk Fashion Anda

Jika semua sudah Anda siapkan, penting sekali untuk memulai nemasarkan produk. Merek yang menawarkan produk orisinil dan berkualitas. Di tahap ini Anda perlu memperhatikan desain produk, mencari produsen kain yang tepat, membuat logo merek, melakukan pemotretan, dan terakhir memasarkan produk Anda melalui platform online.

“Jika pelaku usaha masih bingung dalam memulai usahanya, Zilingo Trade kini dapat membantu para pelaku usaha untuk melakukan pengadaan dalam memulai bisnis yang diinginkan," ujar Melina.

Khususnya dalam bisnis fashion, Melina bilang saat ini Zilingo Trade memiliki rangkaian layanan, mulai dari pilihan kain, layanan pengadaan, layanan permodalan, hingga layanan pemasaran untuk membantu para pelaku usaha dalam mempersiapkan bisnisnya

Baca Juga: Promo XL di Tokopedia, Beli Paket Data Dapat Bonus Pulsa Hingga 100.000!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru