AturUang

Kiat Cermat Atur Dana THR untuk Mudik Lebaran

Kiat Cermat Atur Dana THR untuk Mudik Lebaran

MOMSMONEY.ID - Simak, berikut ini kiat cermat mengatur dana THR untuk mudik Lebaran dari Tiket.com.

Masyarakat perlu cermat dalam mengatur alokasi dana tunjangan hari raya atau THR.

Sebab, THR bisa menjadi stimulus memenuhi tingginya persiapan Lebaran hingga untuk mudik maupun berlibur di masa periode liburan hari raya.

Menurut pakar-pakar keuangan ternama, perencanaan keuangan pun perlu terus disiplin, walaupun akan ada pengeluaran signifikan untuk berbagai kebutuhan perjalanan dan liburan Lebaran. 

Masyarakat harus tetap jeli agar setia dengan komitmen cita-cita memiliki tabungan sehat. 

Salah satu praktisi keuangan senior dari Kanada merekomendasikan secara umum porsi dana liburan panjang adalah 7% dari penghasilan bulanan yang diakumulasi selama 12 bulan.

Baca Juga: Berencana Pulang Kampung? Ini 8 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Mudik Lebaran

Berikut 5 kiat cermat dan sederhana untuk atur keuangan pribadi sambil turut menikmati hari liburan dan cuti bersama dari Tiket.com:

1. Alokasikan untuk zakat dan sedekah

Bagi setiap umat Muslim terdapat kewajiban menunaikan zakat fitrah dari setiap anggota keluarganya yang masih menjadi tanggungan. 

Selain itu, sedekah, bantuan sosial, atau pun membayar zakat harta yang selama ini tertunda yang alokasinya bisa mencapai 10% dari dana THR.

2. Siapkan dana untuk berbagai kebutuhan Lebaran

Prioritaskan penggunaan dana THR untuk kebutuhan Lebaran dia ntaranya THR untuk para pekerja di rumah, angpao untuk saudara dan keponakan, serta hidangan Lebaran termasuk dalam kategori kebutuhan Lebaran. 

Jika berencana menghabiskan libur Lebaran dengan mudik dengan keluarga, usahakan agar dana ini dialokasikan dari THR. Idealnya, penggunaan THR maksimal 50%-70% untuk segala urusan Lebaran.

3. Perhatikan dana untuk kebutuhan tabungan, investasi, darurat, hingga Idul Adha

Dana THR sebaiknya tetap disisihkan sebesar 10% untuk keperluan tak terduga, seperti jikalau sakit sepulang mudik, maupun untuk asisten infal. 

Lalu, sisihkan juga 10% untuk keperluan hewan kurban Idul Adha. Sisa dana dapat digunakan untuk berinvestasi sesuai tujuan kesejahteraan.

Baca Juga: Anti Boros, Inilah 6 Tips Menghemat Uang Saat Libur Lebaran Bersama Keluarga

4. Pelunasan utang konsumtif

Salah satu checklist penting dengan urgensi tinggi adalah pembayaran utang konsumtif agar penabung bisa bebas dari beban hutang yang menyeret. 

Sehingga, bisa mulai mengalokasikan dana untuk keperluan-keperluan primer lainnya.

5. Bijak pilih opsi moda transportasi untuk mudik

Transportasi adalah salah satu pengeluaran yang mampu jadi faktor penentu jadi atau tidaknya rencana perjalanan atau mudik. 

Dalam merealisasikan budget mudik, masyarakat harus jeli memanfaatkan berbagai program promo diskon bernilai, biar dana transportasi tidak membengkak.

Tiket.com menyadari bahwa pengeluaran transportasi merupakan salah satu dana terbesar untuk mudik atau berlibur. 

Oleh karena itu, menjelang pekan liburan Lebaran, Tiket.com menghadirkan program spesial tahunan Tiket Hari Raya (THR) sepanjang 22 hari.

Mulai dari 3 hingga 24 April 2023, dengan skema diskon 40% + ekstra diskon hingga Rp 575.000 setiap hari, sepanjang bulan Ramadan, sehingga dana mudik dapat ditanggulangi dengan baik.

"Sebagai OTA yang customer-centric yang memberikan one-stop travel and lifestyle solution, Tiket.com ingin bisa berkontribusi secara positif dengan hadirkan serangkaian program diskon dan deal ekonomis," kata Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com 

"Terutama, di masa-masa ketika naiknya antusiasme dan demand yang secara langsung mempengaruhi biaya mudik dan liburan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/4).

Dia menambahakan, masyarakat membutuhkan sebuah solusi nyata dan terpadu untuk mengakomodasi segala kebutuhan perjalanan yang juga ramah kantong, termasuk opsi moda transportasi yang kian hari kian meninggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News