Kiat Berinvestasi di Properti Agar Tidak Merugi

Reporter: Dikky Setiawan
Rabu, 28 Juli 2021 | 18:30 WIB
Kiat Berinvestasi di Properti Agar Tidak Merugi

MOMSMONEY.ID -Di tengah situasi ekonomi nasional yang belum stabil akibat dampak pandemi covid-19, membiakkan duit dengan cara berinvestasi menjadi salah satu pilihan masyarakat di negeri ini.

Salah satu investasi yang dinilai terbaik aat ini adalah investasi properti. Investasi properti dinilai stabil dan tetap menguntungkan terutama dalam jangka waktu yang panjang.

Tak salah, jika belakangan ini bisnis properti baik hunian, apartemen hingga ruko banyak dipilih karena dinilai aman dan tidak mudah tergerus oleh dampak inflasi dan kondisi lainnya.

Baca Juga: Jeli Berinvestasi Properti Laba pun Siap Menanti

Jika begitu, bagaimana cara berinvestasi yang baik, dan apa yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi properti 

Berikut ini adalah tip sederhana yang dirangkum MomsMoney dari sejumlah perencana keuangan. 

Kiat berinvestasi di properti agar tidak merugi

Jika berinvestasi di properti, Anda harus siap merogoh kocek yang tebal sebagai modal awal untuk membeli tanah, rumah, kios, apartemen, ruko, kondotel atau aset properti lain. 

Karena itu, menurut Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting, usahakan Anda memiliki dana untuk membayar uang muka pembelian properti. 

Baca Juga: Ada kocok ulang indeks saham, ini yang perlu diperhatikan investor

Modal minimal yang harus Anda miliki untuk down payment adalah 20% sampai 30% dari harga properti. Jika memiliki kocek tebal, membeli dengan tunai keras (hardcash) atau tunai bertahap cukup dianjurkan asal tak mengganggu cashflow. 

Cara terbaik membeli dengan tunai adalah mengukur kemampuan finansial Anda. Eko memberi contoh. Anda berniat membeli properti seharga Rp 100 juta, 10 tahun mendatang. Itu berarti Anda harus menyisihkan penghasilan sebagai tabungan Rp 8,3 juta juta per tahun atau Rp 800.000 per bulan. 

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru