ads

Khawatir Tentang Tanaman Beracun? Berikut Cara Mengenali dari Ciri-Cirinya

Sumber: Balcony Garden Web,Science Direct
Kamis, 09 Desember 2021 | 12:07 WIB
Khawatir Tentang Tanaman Beracun? Berikut Cara Mengenali dari Ciri-Cirinya

ILUSTRASI. Khawatir Tentang Tanaman Beracun? Berikut Cara Mengenali dari Ciri-Cirinya


MOMSMONEY.ID - Tanaman hias memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk memperindah lingkungan. Namun, dibalik manfaat-manfaat itu, beberapa jenis tanaman hias ternyata mengandung racun yang cukup mematikan. Kendati demikian, Anda dapat mengenali seperti apa tanaman yang beracun itu.

Dilansir dari Sciencedirect.com, tentang Tanaman Beracun dalam Biomarker Toksikologi 2019, tumbuhan beracun didefinisikan sebagai tumbuhan yang bila disentuh atau tertelan dalam jumlah yang cukup dapat membahayakan atau berakibat fatal bagi organisme. Reaksi ini dapat berupa dermatitis, mual, muntah, gangguan pernapasan, gangguan tenggorokan, hingga kematian yang paling parah.

Baca Juga: Ini Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Penderita Asma

Secara umum, tanaman beracun biasanya memiliki sifat-sifat tertentu sehingga Anda dapat mengidentifikasinya dengan mudah. Berikut cara mengenali ciri-ciri tanaman yang beracun.

Warna Mencolok

Tanaman yang memiliki warna bunga mencolok, biasanya dihindari oleh hewan atau serangga. Berdasarkan naluri hewan, warna yang mencolok pada tanaman menjadi tanda untuk mengetahui apakah tanaman itu berbahaya atau tidak.

Tanaman yang Bunganya Berbentuk Payung (Umbel)

Dilansir dari balconygardenweb.com, tumbuhan yang menghasilkan daun atau bunga berbentuk payung, biasanya tumbuh di tempat yang lembap dan terbengkalai, mereka biasanya bisa membunuh orang dewasa jika tertelan dalam jumlah tertentu. Tanaman yang berbunga payung beracun antara lain oleander, water hemlock, azalea, dan hidrangea.

Daun tunggal dengan Tiga Selebaran

Daun yang berbentuk tunggal dengan tiga selebaran di setiap sisi daun, merupakan tanaman beracun. Contohnya seperti ivy dan oak. Selain itu, daun yang memiliki warna hijau mengilap, teduh kusam, atau berbulu juga beracun.

Baca Juga: Meski Jarang Terkena Hama, Ternyata Tanaman Monstera Rentan dengan Masalah Ini

Memiliki Getah Susu

Kebanyakan tanaman yang memiliki getah susu beracun. Getah susu ini dapat dilihat dengan cara memutar daun dengan tangan (tentunya sudah mengenakan sarung tangan), lalu perhatikan apakah daun mengeluarkan getah. Beberapa tumbuhan yang mengeluarkan getah susu adalah calotropis, milkweed, dan tumbuhan genus euphorbia. Pohon ficus (pohon buah tin) juga mengeluarkan getah yang dapat menyebabkan iritasi kulit pada sebagian orang yang sensitif bila disentuh.

Bau Tidak Sedap

Bunga umumnya memiliki bau yang wangi dan menyegarkan, Namun, ada juga yag memiliki aroma tak sedap, terlalu kuat, dan menyengat. Bisa jadi ini adalah tanda-tanda bahwa tanaman itu beracun. Tanaman yang memiliki kadar racun tinggi, bila mencium aromanya saja dapat menyebabkan pusing, mual, hingga tak enak badan. Maka, Anda perlu menghindarinya.

Interaksi Hewan

Selain dari warna, hewan juga memiliki naluri untuk mengetahui mana tanaman yang bisa dia konsumsi dan tidak. Jika ada tanaman yang tak mereka sentuh, bisa jadi tanaman itu beracun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER