Keluarga

Khawatir Produksi ASI Berkurang Saat Puasa? Konsumsi 6 Buah Pelancar ASI Ini

Khawatir Produksi ASI Berkurang Saat Puasa? Konsumsi 6 Buah Pelancar ASI Ini

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa buah pelancar ASI yang wajib dikonsumsi saat produksi ASI jadi berkurang karena berpuasa.

Bagi Anda para ibu menyusui, mungkin ada sedikit kekhawatiran mengenai proses menyusui saat bulan puasa nanti. Sebetulnya, ibu menyusui diperbolehkan berpuasa.

Mengutip dari Iranian Hournal of Pedriatrics dan Journal of Fasting and Health yang dilansir dari Siloam Hospitals, tak ada perbedaan yang signifikan antara jumlah produksi ASI dari ibu yang berpuasa maupun yang tidak berpuasa.

Namun, sebetulnya, produksi ASI dapat berkurang apabila Moms mengalami dehidrasi. Untuk itu, disarankan bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak air sebagai pelancar ASI saat berbuka puasa maupun sahur.

Baca Juga: 7 Langkah Tetap Terhidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

Berikut MomsMoney hadirkan berbagai buah pelancar ASI yang dapat Moms konsumsi selama bulan puasa untuk mencegah produksi ASI yang berkurang, dikutip dari Romper dan KidSpot, selengkapnya:

Jeruk

Jeruk

Jeruk merupakan buah pelancar ASI. Jeruk dapat memperbaiki & meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Selain itu, ibu menyusui juga sangat membutuhkan banyak kandungan vitamin C. Sebab, vitamin C sangat berpengaruh dalam pertumbuhan gigi & otot bayi.

Ibu menyusui membutuhkan idealnya 120 miligram vitamin C atau setara dengan 2 buah jeruk kecil per hari.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Ikuti 7 Cara Tetap Sehat Selama Berpuasa Sebulan Penuh

Alpukat

Alpukat

Alpukat termasuk salah satu super food yang baik untuk banyak hal, termasuk sebagai buah pelancar ASI.

Buah ini mengandung asam lemak Omega-3, Omega-6, dan Omega-9 yang dapat membantu para ibu menyusui untuk dapat menghasilkan ASI yang banyak & super bergizi untuk sang buah hati.

Alpukat juga mengandung asam folat, vitamin C & E, serta potassium yang membantu tumbuh kembang si kecil. Apabila Moms rutin mengonsumsi buah alpukat, maka ASI Moms dapat membuat sel-sel otak bayi tumbuh lebih pesat.

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

Pepaya hijau

Pepaya hijau atau singkatnya merupakan buah pepaya yang belum matang merupakan salah satu buah pelancar ASI.

Pepaya hijau memang tidak baik dikonsumsi saat hamil, tetapi sangat baik jika dikonsumsinya pada masa menyusui.

Buah yang satu ini berperan membantu proses laktasi dengan meningkatkan produksi hormon oksitosin yang menyebabkan produksi ASI jadi melimpah.

"Pepaya hijau adalah sumber galactogogue yang dapat membantu merangsang produksi ASI," kata Brigitte Zeitlin, ahli gizi sekaligus founder BZ Nutrition, melansir dari Romper.

Bersumber dari Unimus.ac.id, galactogogue merupakan substansi/zat yang dapat meningkatkan produksi ASI. Galactogogue hadir dalam makanan, herbal, maupun obat-obatan sintetik.

Baca Juga: Pilih Pepaya Matang, Ikuti Aneka Cara Perpanjang Masa Simpan Buah Pepaya

Aprikot

Buah pelancar ASI yang lainnya adalah Aprikot. Buah ini mengandung fitoestrogen, yakni zat yang membantu hormon penghasil ASI mengalir lancar.

Buah apricot juga dapat menyehatkan tubuh bayi maupun sang ibu karena mengandung kalsium, potasium, vitamin C dan A yang berkontribusi baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Rekomendasi Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan, Menurut Pakar

Stroberi

Jus stroberi

Dehidrasi akan membuat produksi ASI berkurang. Untuk itu, ibu menyusui memerlukan buah-buahan yang banyak mengandung air agar dapat melancarkan ASI.

Buah pelancar ASI yang mengandung banyak air adalah stroberi. Disarankan untuk mengonsumsi buah stroberi agar ASI tetap keluar & ibu jadi tak mudah lelah akibat dehidrasi.

Baca Juga: Mabuk Gula? Ikuti 5 Cara Lakukan Detoks Gula untuk Hilangkan Kadar Gula Berlebih

Pisang

Pisang juga merupakan buah pelancar ASI yang kaya akan kalium/potasium. Sebab, kalium ditujukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit yang dapat pengaruhi jumlah produksi ASI.

Dilansir dari Baby Center, jumlah kalium yang disarankan untuk ibu menyusui adalah sebanyak 5.100 miligram per hari. Sementara 1 pisang ukuran sedang mengandung 450 mg kalium.

Demikian sederet info mengenai aneka buah pelancar ASI yang dapat Moms konsumsi selama masa menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News