HOME, Bugar

Ketahui Sederet Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Sederet Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, magnesium dan zinc, cokelat hitam kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kakao dalam cokelat hitam juga mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. 

Jadi, jika Anda suka mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah yang bijak, maka Anda akan merasakan manfaatnya. 

Coklat hitam juga diperkaya theobromine (zat antiradang yang hanya terdapat pada tanaman kakao), zinc, kafein, lemak, sejumlah vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K.

Walaupun pahit, cokelat ini tetap terasa enak ketika dikonsumsi dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. 

Baca Juga: Tak Hanya Mencegah Sembelit, Banyak Sekali Manfaat Salak untuk Tubuh

Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut ini sederet manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Meredakan stres

Manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah meredakan stres. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda stres, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, hingga hubungan dengan pasangan.

Jika sudah demikian, cobalah untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi sambil mengemil coklat hitam.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi coklat hitam dapat meredakan stres, membantu menenangkan rasa cemas, dan memperbaiki mood.

Jika Anda mengonsumsinya secara rutin tiap hari selama 2 minggu, maka coklat hitam dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga stres pun bisa teratasi.

2. Mengurangi risiko stroke

Manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah mengurangi risiko stres jika dikonsumsi secara bijak. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi dua batang cokelat hitam setiap harinya berisiko lebih kecil terkena stroke.

Hal ini jika dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi cokelat hitam.

Namun, tentu saja upaya mencegah penyakit tersebut harus dilengkapi dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan makan makanan bergizi.

3. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. 

Kandungan antioksidan flavonoid pada coklat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulitdari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini kulit.

Coklat hitam pun mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam produksi kolagen.

Protein ini memiliki peran penting dalam menjaga kelenturan dan kelembapan kulit, sehingga membuat kulit semakin terlihat menawan.

Baca Juga: Anda Wajib Tahu Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

4. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah menjaga kesehatan dan fungsi otak jika dikonsumsi secara baik. 

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang banyak terkandung dalam coklat hitam memiliki peran besar dalam melancarkan aliran darah ke otak dan memelihara fungsi otak.

Berbagai riset pun menunjukkan bahwa konsumsi coklat hitam secara rutin dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif dan daya ingat, sehingga risiko terkena pikun atau demensia dapat berkurang.

5. Meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. 

Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri untuk menghasilkan nitrat oksida.

Salah satu fungsi nitrat oksida adalah mengirim sinyal ke arteri untuk membuat tubuh rileks.Dengan begitu resistensi aliran darah menurun, dan karenanya mengurangi tekanan darah. 

Jika sebelumnya Anda sering mengonsumsi cemilan yang kurang sehat, seperti gorengan, es krim, atau coklat manis, kini cobalah beralih ke cemilan sehat, seperti coklat hitam.

Inilah beberapa manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui dan bisa rutin dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News