HOME, Keluarga

Ketahui Perkembangan Tubuh Kelinci Menurut Usianya

Ketahui Perkembangan Tubuh Kelinci Menurut Usianya

MOMSMONEY.ID - Saat Anda memelihara kelinci, Anda mungkin ingin mengetahui proses pertumbuhan tubuh kelinci. Ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan menu makanan mereka sesuai dengan usianya.

Selain itu, juga mempersiapkan perawatan lainnya.Anda dapat mengamati tahap perkembangan kelinci untuk memperkirakan berapa usia kelinci.

Dilansir dari The Bunny Lady, berikut perkembangan tubuh kelinci menurut usianya.

Usia 1-2 Minggu

Usia ini terjadi setelah kelahiran bayi kelinci. Meski Anda tidak mengetahui kapan mereka lahir, Anda dapat mengetahui usia awalnya.

Bayi kelinci dilahirkan dengan mata dan telinga tertutup, serta tanpa bulu. Selama dua minggu pertama ini, mereka akan dengan cepat mulai menumbuhkan sedikit bulu halus, tetapi mata mereka belum terbuka sampai sekitar 10-12 hari.

Baca Juga: 4 Hal yang Menyebabkan Kucing Peliharaan Mengeong Tanpa Henti

Usia 2-3 Minggu

Setelah matanya terbuka, perlahan-lahan, bayi kelinci akan mendapatkan kekuatan dan bulu. Mereka mungkin akan mulai menjelajah sedikit di sekitar sarang, tetapi akan memerlukan bantuan untuk kembali ke dekat induknya. Di usia ini, bayi kelinci juga sedikit lebih mandiri dan mau melompat-lompat sendiri.

Usia 1 Bulan

Mencapai usia 1 bulan, bayi kelinci akan mendapatkan bulu penuh di seluruh tubuhnya. Bulunya lebih lembut dan lebih tipis daripada milik kelinci dewasa.

Pada usia 1 bulan, kelinci juga lebih banyak energi, sehingga mereka senang melompat-lompat dan menjelajah.

Usia 2-4 Bulan

Pada usia 2-4 bulan, bayi kelinci masih memiliki bulu yang halus dan lembut. Mereka akan mulai mendapatkan berat badan pada usia ini.

Namun, ini adalah usia anak kelinci disapih, sehingga Anda perlu mulai mengenalkan mereka pada makanan kelinci komersial.

Pada saat usia kelinci mencapai 4 bulan, mereka biasanya hampir setengah berat dari badan mereka yang sudah dewasa.

Usia 4-6 Bulan

Kebanyakan kelinci akan mulai mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 4-5 bulan. Artinya, kelinci akan mengalami perubahan fisik yang mengarah pada alat reproduksinya.

Kelinci jantan, akan tampak testis mereka akan turun, sedangka kelinci betina akan mulai mengembangkan dewlap (tonjolan lemak yang terlihat seperti dagu ganda).

Selain fisik, perilaku kelinci juga akan berubah. Kebanyakan kelinci akan menjadi lebih teritorial. Mereka akan lebih agresif dan menyemprotkan air seni untuk menandakan wilayah mereka. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mensterilkan kelinci Anda.

Baca Juga: Jangan Sembarangan ke Kucing! Ini 8 Jenis Obat-Obatan yang Beracun Untuknya

Usia 6-12 Bulan

Usia ini adalah usia remaja kelinci. Anda mungkin akan sulit menentukan usia mereka saat ini. Namun,Anda dapat mengamati fisiknya.

Seekor kelinci yang masih remaja, kepala mereka akan tampak sedikit lebih besar daripada tubuhnya.

Mata mereka juga akan terlihat sedikit lebih besar untuk kepalanya. Mereka terkadang juga masih memiliki bulu tipis di sekitar kepala dan lehernya.

Sementara kelinci betina yang belum disterilkan, akan terus mengembangkan dewlap yang lebih besar hingga mencapai berat dewasanya.

Kelinci muda akan terus bertambah berat badannya hingga mencapai usia 18 bulan.

Kelinci Dewasa Muda

Kelinci dewasa muda berusia 1-3 tahun. Mereka telah mendapatkan berat mereka sepenuhnya. Gigi mereka lebih sehat dan lebih putih. Kukunya lembut dan tipis, lebih mudah dipotong, serta tidak mengelupas terlalu banyak.

Sementara bulu kelinci dewasa muda berusia 1 tahun, memiliki bulu transisi yang lebih lembut. Ini perlahan akan tumbuh menjadi bulu dewasa mereka. Biasanya pada saat mereka berusia 18 bulan hingga 2 tahun.

Kelinci Paruh Baya

Kelinci paruh baya berusia 4-6 tahun. Mereka masih sangat sehat dan aktif beraktivitas, tetapi tidak begitu penuh energi. Anda mungkin akan menemui kelinci di usia ini lebih banyak tidur, terutama di siang hari. Mereka juga lebih tenang.

Jika kelinci paruh baya memiliki pola makan yang baik, gigi mereka akan masih sehat. Kukunya menjadi lebih keras, tebal (sedikit sulit dipotong untuk perawatan), dan sedikit mengelupas.

Anda mungkin mulai melihat sedikit kemerahan atau kapalan di bagian bawah tumit kelinci (hocks). Jika ini tidak berkembang menjadi luka, maka ini adalah kejadian yang normal.

Sementara bulunya telah penuh, tetapi mulai sering mengalami kerontokan. Dalam hal ini membantunya merawat bulu dengan menyikat akan sangat berguna, terutama untuk ras kelinci berbulu panjang.

Kelinci Senior

Kelinci senior biasanya akan berusia 6 tahun ke atas. Akan tetapi, beberapa kelinci tua tidak akan mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan sampai mereka berusia 10 tahun.

Kelinci senior biasanya tidak terlalu energik dan cenderung bergerak perlahan berhati-hati. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk tidur siang, tetapi ini tidak masalah mengingat energi mereka yang minim.

Gigi kelinci senior cenderung menguning dan mereka mungkin mengalami masalah gigi. Kukunya juga menjadi sangat tebal dan semakin sulit dipotong, bahkan hampir bersisik.

Sementara itu, mereka juga lebih sering mengalami kerontokan bulu, terutama di sekitar telinga dan mata. Namun, selama tidak ada kemerahan atau luka, maka tidak perlu dikhawatirkan.

Bagian bawah tumit kelinci (hocks) akan sering memiliki kapalan merah besar. Ini dapat berkembang menjadi luka di bagian bawah kaki kelinci, terutama bila mereka tinggal di kandang dengan lantai kawat.

Jika ini terjadi, Anda perlu meminta saran dokter hewan untuk memperbaiki kondisinya. Anda juga harus lebih waspada dengan setiap perubahan kondisi kesehatan si kelinci yang semakin memburuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News