HOME, Santai

Ketahui Perbedaan HIV dan AIDS Agar Tidak Salah Penanganan

Ketahui Perbedaan HIV dan AIDS Agar Tidak Salah Penanganan

MOMSMONEY.ID - Masih banyak yang mempertanyakan tentang perbedaan antara HIV dan AIDS. Kedua hal yang masih berhubungan ini merupakan dua hal yang berbeda.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan antara HIV dan AIDS.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering di Iklim Tropis di Sini, Tidak Sulit!

HIV

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Menurut Wikipedia, virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh manusia menjadi rentan dan lemah dalam melawan infeksi. 

Virus ini juga hanya dapat menular pada manusia saja melalui penyaluran reproduksi, darah, cairan vagina, dan ASI. HIV juga bisa menimbulkan infeksi pada tubuh penderitanya yang disebabkan karena menurunnya sistem imun dan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

HIV adalah virus yang bisa membawa penderitanya pada kondisi AIDS atau yang kerap disebut juga sebagai HIV stadium 3.

Virus HIV ini sudah bisa dideteksi secara dini menggunakan beberapa tes kesehatan yang disediakan di laboratorium atau rumah sakit di Indonesia. Namun, kadang penderita HIV tidak selalu memiliki gejala yang spesifik karena gejalanya hampir menyerupai flu biasa.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Mencegah Penyebaran Infeksi Jamur Pada Kuku, Rawat Kuku Cantik Anda!

AIDS

AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome. AIDS merupakan sebuah kondisi yang diakibatkan karena berkembangnya virus HIV dalam tubuh penderitanya.

Melansir dari laman Health Line, pasien dengan kondisi AIDS ini bisa mendapatkan akibat yang serius dari penyakit ini seperti kematian. 

AIDS sendiri merupakan tahap terakhir dari HIV stadium 3 yang diagnosisnya lebih rumit dibanding mendeteksi adanya virus HIV.

Pada tahap ini upaya untuk mempertahankan hidup melalui pengobatan sudah mulai sulit. Karena pengobatan pada sistem imun di tahap ini sudah sangat susah untuk dilakukan.

Seseorang yang menderita HIV tak selalu mengidap AIDS. Maka dari itu, seseorang bisa saja mengidap HIV dan sembuh atau mungkin bisa saja mengidap HIV dan virusnya berkembang menjadi kondisi AIDS yang mematikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News