HOME, Bugar

Ketahui Penyebab Tumpukan Lemak di Perut yang Bisa Memicu Penyakit Akut

Ketahui Penyebab Tumpukan Lemak di Perut yang Bisa Memicu Penyakit Akut

MOMSMONEY.ID - Lemak perut atau lemak viseral merupakan lemak yang menumpuk di ruang antara organ Anda, seperti lambung, hati, dan usus. Lemak ini berfungsi untuk melindungi organ-organ penting dalam perut Anda. Namun, terlalu banyak penumpukan lemak viseral juga tidak baik bagi kesehatan.

Tumpukan lemak di perut tidak hanya berpengaruh pada penampilan, lebih dari itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius. Lemak yang menumpuk di sekitar organ perut sangat terkait dengan sejumlah risiko penyakit serius, termasuk penyakit jantung, kanker, dan demensia.

Baca Juga: Kontrol Gula Darah, Penderita Diabetes Baiknya Kurangi Mengonsumsi Buah Ini

Beberapa faktor di bawah ini bisa menjadi penyebab Anda memiliki lemak perut atau viseral yang berlebihan.

1. Stres

Saat stres, tubuh melepaskan hormon stres (seperti hormon kortisol) untuk membantu tubuh dalam mengatasi stres. Namun, hormon kortisol ternyata dapat menyebabkan kenaikan berat badan saat diproduksi berlebihan dalam tubuh.

Saat Anda makan berlebihan untuk mengatasi stres, kelebihan kalori ini lebih banyak disimpan di daerah sekitar perut. Hal ini tak lepas dari peran kortisol.

2. Berat badan berlebih

Semakin besar berat badan Anda tentu semakin banyak juga penimbunan lemak di perut Anda. Kelebihan berat badan disebabkan oleh kalori yang lebih banyak masuk ke dalam tubuh daripada kalori yang keluar. Makan terlalu banyak dan aktivitas fisik yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

3. Kurang gerak

Kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang keluar jika ingin mempunyai berat badan normal. Jika kalori yang masuk lebih banyak daripada yang keluar, tentu berat badan Anda akan naik.

Hal ini dapat terjadi ketika Anda kurang aktif bergerak. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang menonton TV lebih dari tiga jam per hari memiliki risiko obesitas pada perut lebih besar (hampir dua kali).

4. Terlalu banyak minum alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. Sebuah laporan pada 2015 tentang konsumsi alkohol dan obesitas dalam jurnal Current Obesity Reports menunjukkan bahwa minum alkohol berlebihan menyebabkan pria menambah berat badan di sekitar perutnya. 

5. Pola tidur yang buruk

Sebuah studi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengaitkan penambahan berat badan dengan durasi tidur yang singkat, yang dapat menyebabkan kelebihan lemak perut. Kualitas buruk dan durasi tidur yang singkat dapat berperan dalam perkembangan lemak perut. 

 Baca Juga: 5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat dan Terawat

Lemak perut atau di bagian mana pun di dalam tubuh tentu tidaklah bagus jika terlalu berlebih. Lemak bisa merusak penampilan dan yang lebih membahayakan lagi, lemak menimbulkan beragam penyakit yang dapat membahayakan nyawa.

Jaga kesehatan Anda dengan menghindari beragam penyebab lemak perut di atas, dan rajinlah melakukan olahragasetidaknya 30 menit per hari. Anda juga bisa melakukan gerakan latihan tertentu untuk mengencangkan otot perut, misalnya dengan sit up.

Jika sudah melakukan berbagai cara namun lemak perut masih dirasa sulit untuk dikurangi, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan langkah penanganan lebih lanjut.

Selanjutnya: Manfaat Kacang Hijau, Mulai Menambah Stamina Sampai Menurunkan Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News