Bugar

Ketahui Penyebab Sariawan yang Sering Tidak Disadari

Ketahui Penyebab Sariawan yang Sering Tidak Disadari

MOMSMONEY.ID - Penyebab sariawan memang kadang sulit dipastikan. Meski begitu, ada berbagai faktor yang diketahui dapat memicu kondisi ini. 

Pemicu sariwan bisa dilihat dari mulai kurangnya asupan nutrisi, konsumsi makanan asam atau pedas, kebiasaan merokok, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Selain itu, ada pula beberapa hal yang tanpa Anda sadari dapat menyebabkan sariawan dan sering juga disepelekan.

Biasanya, seseorang mengalami sariawan akibat lidah dan pipi yang tidak sengaja tergigit. Namun, ternyata ada banyak hal lain yang tanpa disadari dapat menyebabkan sariawan.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Dilansir dari Everyday Health, berikut ini adalah berbagai penyebab terjadinya sariawan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Pemakaian kawat gigi

Penyebab sariawan yang jarang disadari pertama karena pemakaian kawat gigi. Pemakaian kawat gigi juga sering kali menimbulkan sariawan.

Hal ini karena bagian tepi atau ujung kawat gigi dapat menggesek permukaan dalam pipi, sehingga menimbulkan luka dan sariawan. Selain kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas juga bisa menyebabkan sariawan.

Rasa cemas dan stres

Penyebab sariawan yang jarang disadari kedua adalah rasa cemas berlebihan dan stres. Perasaan cemas dan stres yang sering kali tidak kita sadari dapat memudahkan munculnya sariawan.

Tidak hanya beban emosional, beban fisik yang menyebabkan tubuh kelelahan juga dapat menimbulkan sariawan.

Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab sariawan yang jarang disadari ketiga adalah kebersihan mulut yang buruk. Kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut dapat menyebabkan berbagai kuman bersarang di dalam mulut dan menyebabkan infeksi.

Sariawan dapat muncul ketika infeksi bakteri ini menimbulkan peradangan dan luka di rongga mulut.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Atasi Asam Lambung dengan Jus Lidah Buaya

Sikat gigi terlalu keras

Penyebab sariawan yang jarang disadari keempat adalah sikat gigi yang terlalu keras. Menyikat gigi terlalu keras bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan.

Pasalnya, saat Anda menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar, Anda dapat melukai gusi dan permukaan dinding rongga mulut. Luka inilah yang dapat berujung pada munculnya sariawan.

Luka tergigit

Penyebab sariawan yang jarang disadari terakhir adalah luka tergigit di bibir dan area lain dalam bibir. Bibir, lidah, atau bagian dalam pipi kadang dapat tidak sengaja tergigit saat bicara atau makan.

Hal ini akan menyebabkan luka, yang kemudian bisa berkembang menjadi sariawan. Luka di dalam mulut juga dapat terjadi akibat tertusuk duri ikan, tusuk gigi, atau terkena alat makan.

Bila Anda mengalami sariawan yang tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu, segera berkonsultasi serkaligus berobat ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News