HOME, Bugar

Ketahui Penyebab Rambut Kering dan Kasar, Sudah Tahu?

Ketahui Penyebab Rambut Kering dan Kasar, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Memiliki rambut kering menjadi masalah rambut yang perlu diperhatikan lebih. Rambut kering pada dasarnya disebabkan oleh kurangnya produksi minyak untuk membuat rambut tetap lembap. Kondisi tersebut, membuat lapisan luar rambut mengelupas sehingga rambut terlihat kering dan kusam.

Bagi Anda yang sedang mengalami rambut kering, perlu diketahui penyebab rambut kering yang sedang Anda alami. Banyak faktor yang menyebabkan rambut kering dan kusam, sehingga membuat penampilan tidak menarik. Agar Anda lebih memahami, berikut penjelasan mengenai penyebab rambut kering dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu:

1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan dapat menyebabkan rambut kering seperti polusi, kotoran, hingga cuaca panas. Paparan sinar matahari yang ekstrem menjadi salah satu penyebab rambut kering. Apalagi tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis, sehingga berisiko mengalami kekeringan lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di negara empat musim.

2. Cara Keramas Rambut Salah

Tanpa Anda sadari ternyata cara keramas rambut yang salah, dapat menyebabkan rambut kering. Mungkin ada sebagian dari Anda yang menganggap jika keramas setiap hari bagus untuk kesehatan rambut. Namun, itu sepenuhnya tidak benar.

Sebab, ada beberapa jenis rambut mudah kehilangan kelembapan alaminya karena keramas setiap hari. Selain itu, penggunaan sampo yang tidak sesuai jenis rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan menghilangkan minyak alami pada rambut.

3. Alat Styling Panas

Mencatok rambut

Penyebab rambut kering selanjutnya yaitu penggunaan alat styling panas. Alat-alat styling seperti hair dryer, catokan maupun pengeriting sering digunakan untuk menata rambut agar lebih rapi dan indah.

Tapi, bila digunakan terlalu sering dapat menjadi penyebab rambut kering. Hal ini dikarenakan alat-alat styling tersebut membuat kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala menjadi kering, sehingga tidak ada lagi yang mengontrol kelembapan rambut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Body Serum yang Cepat Memutihkan Kulit, Harga Terjangkau!

4. Pewarna Rambut

Bagi Anda yang suka mewarnai rambut, Anda perlu waspada dengan kesehatan rambut. Sebab pewarna rambut dapat menyebabkan rambut kering. Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang cukup keras yang dapat menyerap minyak alami rambut yang akan membuat rambut menjadi kering.

5. Kurang Nutrisi 

Ilustrasi kesehatan antioksidan buah apel

Penyebab rambut kering lainnya yaitu kurangnya nutrisi. Bila rambut kekurangan nutrisi pasti akan muncul masalah, salah satunya adalah rambut kering. Apalagi bila Anda sedang menjalankan program diet, yang mengurangi sebagian besar porsi makan dan nutrisi tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga kondisi kesehatan rambut Anda.

6. Kurang Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh, apalagi rambut. Rambut yang kering bisa disebabkan oleh kurangnya minum air putih. Disarankan Anda meminum air putih sebanyak 2 liter per hari.

Minum air putih yang cukup dapat menghidrasi sel-sel di rambut dan kuku Anda. Kelembapan ini diperlukan agar rambut terhindar dari kekeringan dan kerusakan lainnya.

Selanjutnya: Perawatan Kulit Wajah Berbahan Dasar Madu, Cari Tahu Resepnya! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News