HOME, Bugar

Ketahui Penyebab Jerawat Gatal yang Bikin Tidak Nyaman

Ketahui Penyebab Jerawat Gatal yang Bikin Tidak Nyaman

MOMSMONEY.ID - Wajah yang berjerawat ditambah dengan rasa gatal membuat Anda merasa tidak nyaman. Tentunya hal tersebut memiliki penyebab yang tanpa Anda sadari malah memperparah masalah jerawat Anda.

Mungkin tidak banyak orang mengalami jerawat gatal, tetapi Anda bisa mencari tahu dan mencegah masalah ini. Melansir dari www.senka.id, inilah beberapa penyebab jerawat gatal :

1. Alergi

Alergi disebabkan oleh penggunaan bahan atau zat yang tidak cocok dengan kulit Anda. Selain itu, faktor genetik juga memperngaruhi alergi. Jika tanda-tanda alergi sudah tampak, sebaiknya Anda hentikan penggunaan produk tersebut.

Disarankan sebelum membeli produk skincare baru, terlebih dahulu Anda mencobanya dibagian punggung lengan. Sebab bagian kulit tersebut lebih sensitif daripada area lainnya, sehingga bisa memberi respons yang cukup cepat.

2. Sinar UV Berlebih

Sinar UV berlebih dapat membuat wajah anda menjadi terbakar, menggelap dan terjadi penuaan dini. Selain itu, paparan sinar UV berlebih dapat membuat jerawat mejadi gatal.

Sebab, kulit yang sedang berjerawat cenderung lebih sensitif, sehingga jerawat yang ada pada wajah lebih mudah meradang. Oleh karena itu, pentingnya penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah, agar masalah ini bisa dicegah. 

Baca Juga: Harga Terjangkau! Rekomendasi Produk Basic Skincare Remaja

3. Kulit Wajah Berkeringat

Produksi minyak berlebih saat berkeringat mejadi penyebab utama jerawat terasa gatal. Sebab, saat kulit anda berminyak secara berlebihan, pori-pori pada kulit akan tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori, sehingga jerawat semakin meradang dan terasa gatal.

4. Tanda Jerawat Sembuh

Namun, jerawat yang gatal bisa menjadi pertanda bahwa jerawat akan segera sembuh. Saat jerawat akan sembuh, area kulit yang memerah di sekitar jerawat akan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat.

Pada fase ini permukaan kulit wajah anda akan terasa sedikit gatal, kering, dan mengelupas sebagai proses pergantian kulit baru. Setelah itu, jerawat anda pun akan berangsur menghilang.

5. Efek Samping Obat-Obatan

Yang terakhir, efek samping dari obat-obatan yang anda konsumsi dapat menyebabkan jerawat gatal. Sebagai tanda bahwa obat tersebut sedang bekerja.

Cara mengatasinya yaitu Anda bisa mengurangi frekuensi menggunakan obat jerawat kemudian memakainya sedikit demi sedikit, ketika kulit sudah mulai terbiasa dengan obat yang anda gunakan.

Nah, seperti itulah penyebab jerawat gatal yang Anda alami. Mungkin ada beberapa penyebab yang jarang Anda sadari malah membuat jerawat menjadi gatal.

Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik saat jerawat terasa gatal dan mengganggu. 

Selanjutnya: Cara Mencegah Kulit Sensitif dari Gatal dan Iritasi Akibat Kosmetik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News