HOME, Bugar

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

MOMSMONEY.ID - Rambut lepek membuat penampilan jadi kurang menarik dan tidak nyaman seharian. Rambut lepek bisa disebabkan berbagai faktor.

Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab rambut lepek sehingga Anda bisa mengambil langkah mengatasinya. Melansir cnfstore.com, berikut penjelasannya:

1. Terlalu sering mencuci rambut

Penyebab rambut lepek pertama adalah terlalu sering mencuci rambut. Memang benar bahwa mencuci rambut dapat membersihkan rambut dari kotoran dan menghilangkan sebum. Minyak alami pada rambut turut terangkat sehingga tubuh mengira kulit kepala mengalami kekeringan dan akhirnya memproduksi banyak minyak rambut.

Cara mengatasinya dengan mengurangi produksi minyak rambut, cukup lakukan keramas dua hingga tiga hari sekali. Karena terlalu sering keramas bisa memunculkan masalah baru, yaitu kulit kepala menjadi kering, ketombe hingga rambut lepek

2. Produksi minyak berlebih di kulit kepala

Penyebab rambut lepek selanjutnya yaitu produksi minyak berlebih di kulit kepala. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa hindari keramas rambut terlalu sering, Anda bisa mengaplikasikan dry shampo agar rambut kembali segar dan terbebas dari kondisi lepek.

Gunakan produk dry shampo berbentuk spray hingga powder yang mudah diaplikasikan pada rambut. Pada produk dry shampo berbentuk spray, cukup semprotkan pada seluruh bagian rambut, lalu sisir hingga rapi. 

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Daki Menghitam di Leher Secara Alami

3. Memakai hijab saat rambut basah

Bagi perempuan berhijab, hindari memakai hijab saat rambut masih basah. Kebiasaan ini bisa menyebabkan rambut lepek dan bau apek seharian.

Cara mengatasinya dengan aturlah waktu keramas Anda agar rambut bisa benar-benar kering dan bersih sebelum mengenakan hijab. Bisa juga menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer jika tidak memiliki banyak waktu untuk mengeringkan rambut. 

4. Salah memilih sampo

Penyebab rambut lepek terakhir yaitu salah memilih produk sampo. Salah pilih shampo bisa menyebabkan masalah rambut seperti ketombe dan gatal pada kulit kepala.

Untuk rambut berminyak, gunakan produk perawatan rambut dengan kandungan yang ringan serta mampu membersihkan penumpukan minyak, residu produk styling, dan kotoran di kepala. Sedangkan rambut kering membutuhkan shampo yang mengandung bahan pelembap atau moisturizing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News