HOME, Bugar

Ketahui Penyebab Biang Keringat yang Sangat Mengganggu Tubuh

Ketahui Penyebab Biang Keringat yang Sangat Mengganggu Tubuh

MOMSMONEY.ID - Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah yang menonjol, terasa gatal, serta menyebabkan sensasi menyengat atau perih di kulit.

Kelainan yang juga dikenal dengan nama ruam panas ini tidak hanya terjadi pada bayi, namun juga pada orang dewasa. 

Biang keringat memang lebih mudah terjadi pada bayi. Hal ini karena pengaturan suhu pada bayi belum sempurna dan kelenjar keringat bayi belum sepenuhnya berkembang, sehingga belum mampu mengeluarkan keringat dengan baik. 

Biang keringat pada bayi paling sering muncul pada wajah, leher, dan selangkangan. Terdapat perbedaan lokasi munculnya ruam pada orang dewasa dan bayi.

Pada bayi, biang keringat biasanya muncul pada bagian leher, dan terkadang pada bagian ketiak, lipatan siku, dan selangkangan. Sedangkan biang keringat pada orang dewasa, biasanya muncul pada lipatan kulit yang bergesekan dengan pakaian.

 Baca Juga: Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan yang Harus Anda Waspadai

Biang keringat umumnya tidak membutuhkan penangan medis khusus. Namun, sebaiknya menghubungi dokter apabila biang keringat menunjukkan tanda-tanda infeksi atau semakin parah seperti munculnya gejala:

1. Demam dan menggigil.

2. Rasa sakit makin bertambah.

3. Nanah keluar dari bintil dan benjolan ruam.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan.

 Baca Juga: Penyebab Penyakit Cacing Kremi pada Anak

Di bawah ini adalah faktor-faktor risiko yang memicu terjadinya kondisi biang keringat.

1. Usia

Bayi dan balita lebih berisiko terkena biang keringat, sebab kelenjar keringat belum berfungsi dengan sempurna.

2. Tinggal di daerah beriklim tropis

Orang-orang yang tinggal di negara beriklim tropis lebih rentan terkena biang keringat karena cuacanya yang sering panas dan lembab.

3. Keturunan keluarga

Memiliki anggota keluarga atau orang tua yang mengalami masalah dengan produksi keringat pada tubuh meningkatkan risiko Anda untuk juga mengalami hal yang sama.

4. Sistem imunitas tubuh rendah

Faktor ini juga mencakup orang-orang dengan penyakit yang melemahkan sistem imun seperti diabetes.

5. Melakukan aktivitas fisik yang berat dengan pakaian yang tidak sesuai

Aktivitas fisik yang dilakukan dengan menggunakan pakaian yang terlalu ketat akan menaikkan suhu tubuh Anda dan memicu munculnya kondisi ini.

6. Konsumsi obat-obatan tertentu

Dalam beberapa kasus, obat pemicu keringat seperti bethanechol dapat memicu biang keringat. Obat doxorubicin, erythropoietin, dan isotretinoin juga masih berkaitan dengan kondisi ini.

Hindari panas berlebih dan tempat yang lembab. Paparan terhadap panas membuat tubuh lebih banyak berkeringat dan membuat ruam makin parah. Pastikan lebih sering berteduh atau mencari tempat dingin untuk menghindari panas. Minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. 

Selanjutnya: Tanaman Herbal dan Buah Ini Bisa Menurunkan Asam Lambung Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News