HOME, Bugar

Ketahui Manfaat Kelapa Muda yang Sangat Baik untuk Ibu Menyusui

Ketahui Manfaat Kelapa Muda yang Sangat Baik untuk Ibu Menyusui

MOMSMONEY.ID - Air kelapa muda tak hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga banyak manfaatnya. Untuk ibu menyusui, salah satu manfaat air kelapa muda adalah dapat meningkatkan produksi ASI, seperti yang dilansir dari Healthline.

Pola makan yang seimbang dengan berbagai minuman, termasuk air kelapa dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, belum ada studi klinis yang menunjukkan efektivitas air kelapa dalam mengatur suplai ASI.

Baca Juga: Inilah Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

Air kelapa muda adalah minuman rendah kalori yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan saat menyusui. Selain meningkatkan produksi ASI, manfaat air kelapa muda lainnya adalah:

1. Membantu pembentukan ASI

Manfaat kelapa muda untuk ibu menyusui yang pertama adalah membantu produksi ASI.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan jika mengonsumsi buah kelapa secara teratur selama kehamilan akan memiliki persediaan ASI yang kaya dan bergizi.

2. Baik untuk perkembangan anak

Siapa sangka ternyata air kepala muda punya kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan kesehatan anak. Air kepala mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk kalsium.

Baca Juga: Cara Mengatasi Nyeri Tulang Pada Ibu Hamil

3. Melancarkan ASI

Selain sayur dan buah-buahan sebagai makanan untuk ibu menyusui, air kelapa memang dipercaya sebagai minuman yang meningkatkan produksi ASI sedikit.

Dalam hal ini, air kelapa muda berperan untuk menyeimbangkan asupan nutrisi, selain dari susu ibu menyusui.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kelapa muda untuk ibu menyusui lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut Western A Price Foundation, sebuah badan amal penelitian nutrisi, ibu menyusui boleh mengkonsumsi dua sendok makan minyak buah kelapa yang tidak diproses per hari, baik dalam smoothie atau menggantikan minyak atau mentega lainnya.

Selain itu, minum air kelapa muda juga dapat memperkuat sistem kekebalan karena memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus.

Itulah beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu menyusui yang perlu Ana ketahui. Konsumsi air kelapa muda secukupnya agar bisa merasakan manfaatnya untuk tubuh dan juga bayi yang diberi ASI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News