HOME, Bugar

Ketahui Manfaat Kayu Secang untuk Perawatan Kulit Wajah, Sudah Tahu?

Ketahui Manfaat Kayu Secang untuk Perawatan Kulit Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Kayu secang sering Anda temukan pada produk bumbu tradisional. Ternyata, kayu secang memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit wajah. Kayu secang mengandung antioksidan yang tinggi seperti flavonoid dan polifenol.

Kandungan yang ada di dalam kayu secang bermanfaat untuk mengatasi jerawat, mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Melansir dari evamuliaclinic.com, inilah beberapa manfaat kayu secang untuk perawatan kulit wajah, yaitu :

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat

Manfaat kayu secang untuk kulit wajah yaitu mampu mengatasi masalah jerawat. Menurut penelitian dari Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia edisi Agustus 2011, kayu secang memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengembangkan formula anti jerawat yang mengandung ekstrak kayu secang berukuran nano, dengan bantuan mineral yang berfungsi sebagai pembawa. Cara mengatasi jerawat dengan kayu secang yaitu serutan kayu secang direbus terlebih dahulu, lalu di dinginkan.

Jika sudah dingin air rebusan kayu secang bisa digunakan untuk mencuci wajah. Cara ini membantu menyembuhkan jerawat karena terkandung brazilin didalamnya, yaitu sebuah pigmen berwarna merah yang bisa mematikan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca Juga: Gigi Anda Kuning? Ini 6 Trik Makeup untuk Membuat Gigi Terlihat Lebih Putih

2. Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Penuaan Dini

Selanjutnya, kayu secang memiliki antioksidan yang tinggi untuk kulit wajah. Antioksidan bermanfaat untuk melindungi kulit dengan cara mencegah produksi radikal bebas yang berpotensi merusak kulit wajah. 

Tanaman kayu secang mengandung antioksidan jenis polifenol, yaitu senyawa kimia yang disintesis oleh tumbuhan sayur, buah, teh kako dan tanaman obat termasuk kayu secang. Saking luas cakupannya, polifenol dibagi kedalam beberapa grup lagi, salah satu nya adalah flavonoid.

Sebagai aintioksidan, polifenol memiliki manfaat anti peradangan dan antikarsinogenik. Dalam kaitannya dengan kulit wajah, antioksidan punya sederet manfaat seperti mencegah penuaan dini, memperbaiki kondisi kulit, mencerahkan rona wajah hingga mencegah risiko kanker kulit

Selanjutnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek Serta Berminyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News