HOME, Bugar

Ketahui Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit Berminyak di Sini

Ketahui Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit Berminyak di Sini

MOMSMONEY.ID - Clay memiliki banyak jenis, salah satunya kaolin clay atau white clay. Kaolin clay sering Anda temukan pada produk-produk skincare wajah.Clay ini termasuk salah satu tipe tanah liat yang dapat ditemukan di alam atau diproduksi di laboratorium.

Manfaatnya cukup banyak sehingga sering digunakan dalam obat-obatan dan makeup. Melansir dari herworld.co.id, Ketika dicampur dalam formula perawatan kulit, kaolin menambah kemampuan penyerapan dan bertindak sebagai agen pengering.

Kaolin juga dikenal sebagai kandungan yang sangat lembut di kulit sehingga aman digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, jenis clay ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak yang rentan berjerawat. Untuk lebih jelasnya, inilah manfaat kaolin clay untuk kulit berminyak dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

Perawatan wajah

1. Mengatasi masalah sebum

Manfaat kaolin clay untuk kulit berminyak pertama adalah mengatasi masalah sebum.Sebum yang menyumbat dan berlebih bisa menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Di sini kaolin berkerja untuk menyerap kelebihan sebum di permukaan kulit sekaligus menjaga kelembapannya. 

Baca Juga: Mengencangkan Kulit, Inilah Manfaat Buah Anggur untuk Kecantikan Kulit

2. Mengontrol minyak dan kulit mengilap

Selanjutnya, manfaat kaolin clay untuk kulit berminyak yaitu mengontrol minyak dan kulit mengilap. Jika Anda mengalami masalah kulit seperti ini, kaolin bisa membuatnya terlihat lebih matte dengan cara mengangkat minyak berlebih dari permukaan kulit.

3. Mengangkat kotoran

Manfaat kaolin clay untuk kulit berminyak lainnya adalah mengangkat kotoran. Kandungan ini menjadi penunjang yang baik untuk perawatan kulit berjerawat. Hal ini dikarenakan kemampuannya bisa menarik kotoran dari kulit, mengeringkan blackheads, menyerap minyak berlebih, meminimalisasi tampilan pori, dan menjadikan wajah terasa lebih halus serta lembut.

Namun, walaupun kaolin clay memiliki manfaat yang baik untuk kulit berminyak. Kaolin clay tetap mempunyai efek samping jika digunakan dengan tidak tepat. Kaolin termasuk kandungan yang lembut dan jarang menyebabkan iritasi, tetapi penggunaan berlebihan bisa menjadikan kulit semakin kering. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, sebaiknya hindari dan perhatikan durasi penggunaan kaolin, jangan terlalu sering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News