HOME, Bugar

Ketahui Manfaat Chamomile untuk Perawatan Kulit Wajah

Ketahui Manfaat Chamomile untuk Perawatan Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Chamomile mengandung sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang mampu merawat dan menjaga kecantikan kulit wajah. Bunga cantik ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan aktif pada produk skincare seperti face wash, serum, pelembab dan lain-lain.

Chamomile sangat menarik untuk dicoba, moms. Melansir dari senka.id, berikut manfaat chamomile untuk kecantikan wajah, yaitu: 

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat chamomile untuk kecantikan pertama adalah mengatasi jerawat. Saat jerawat sedang meradang ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang kadang berisi nanah di atas kulit. Memanfaatkan ekstrak bunga Chamomile mampu mencegah dan menyembuhkan masalah jerawat. 

Di dalam Bunga Chamomile terdapat komponen aktif, Chamazulene, yang memiliki sifat anti-inflamasi atau antiradang yang dapat membantu meningkatkan penyembuhan pada radang ataupun luka.

2. Meredakan Kemerahan & Iritasi 

Chamomile juga berfungsi untuk meredakan kemerahan dan iritasi kulit. Sifat anti-inflamasi di dalam chamomile juga mampu membantu meredakan kemerahan dan iritasi. Karena kemerahan itu sendiri merupakan efek samping dari peradangan. Contohnya, kemerahan karena reaksi alergi dan terpapar sinar matahari.

Baca Juga: Inilah 4 Bahan Aktif Pada Produk Skincare untuk Kulit Kusam dan Dehidrasi

3. Mengurangi Penuaan Dini

Selanjutnya, manfaat chamomile untuk wajah yaitu mengurangi penuaan dini. Kandungan polifenol dan fitokimia di dalam chamomile diketahui mampu meningkatkan regenerasi sel, mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bekas luka. Selain itu, polifenol yang memiliki sifat antioksidan di dalam chamomile juga dapat melawan radikal bebas berbahaya dan melindungi kulit dari kerusakan.

4. Meredakan Mata Panda

Manfaat chamomile untuk kecantikan lainnya yaitu mampu meredakan mata panda. Anda bisa memanfaatkan memanfaatkan ampas atau kantung teh chamomile yang sudah terpakai sebagai kompres mata. Caranya, masukkan kantung teh chamomile ke dalam kulkas selama kurang lebih 20-30menit.

Apabila sudah dingin, kompres dan diamkan pada mata yang tertutup selama kurang lebih  10-15menit. Setelahnya, kamu bisa memijat lembut area mata untuk meratakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News