HOME, Keluarga

Ketahui Lama Waktu yang Dibutuhkan Anjing untuk Berolahraga

Ketahui Lama Waktu yang Dibutuhkan Anjing untuk Berolahraga

MOMSMONEY.ID - Anjing membutuhkan olahraga yang teratur dalam kesehariannya. Olahraga akan membuat anjing sehat dan mencegah obesitas. Selain itu, anjing yang berolahraga juga menunjukkan lebih sedikit agresi, lebih sedikit rasa takut terhadap manusia dan benda, serta tingkat kecemasan perpisahan yang lebih rendah daripada anjing yang tidak aktif.

Dari banyaknya pertanyaan tentang olahraga untuk anjing, Anda mungkin bertanya-tanya tentang seberapa banyak atau seberapa lama waktu yang dibutuhkan anjing untuk berolahraga dalam sehari? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Bisakah Anjing Memakan Sayuran Wortel? Yuk, Simak Jawabannya

Dilansir dari Dogtime, kebanyakan anjing membutuhkan 30 menit-60 menit aktivitas fisik dalam sehari. Namun, lama waktu ini bisa jadi berbeda-beda untuk setiap anjing bergantung dengan usia, ras, dan toleransi kelelahannya.

Mengutip AKC, ada beberapa panduan standar yang dapat Anda ikuti untuk memastikan anjing mendapatkan waktu olahraga yang dibutuhkan, sebagai berikut:

Waktu olahraga harian untuk anak anjing

 Anak anjing umumnya memiliki lebih banyak energi daripada anjing dewasa. Oleh karena itu, mereka membutuhkan banyak waktu untuk beraktivitas, tetapi ringan. Misalnya, aktivitas jalan-jalan pendek dan bermain sepanjang hari.

Namun, setiap anak anjing tetap memiliki perbedaan. Menghabiskan waktu bersama anak anjing akan memberi Anda pengetahuan seberapa banyak olahraga yang dibutuhkannya untuk membuatnya tetap bahagia.

Baca Juga: 4 Manfaat Berolahraga untuk Anjing Peliharaan 

Waktu olahraga untuk anjing dewasa

Waktu dan tingkat olahraga yang normal sudah cukup untuk anjing dewasa. Namun, ras mereka juga sangat memengaruhi tingkat aktivitas fisik yang dibutuhkan. Misalnya, ras Border Collies dan Belgian Malinois membutuhkan lebih banyak atlhan daripada ras berenergi rendah seperti Bulldog atau Basset Hound.

Oleh karena itu, memutuskan pemeliharaan ras tertentu juga perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan tingkat aktivitas Anda. Bila memiliki tingkat aktivitas yang tinggi, Anda mungkin tidak cocok memelihara jenis ras anjing mainan untuk berolahraga bersama Anda.

Selain itu, kesehatan setiap anjing juga perlu diperhitungkan. Beberapa anjing dewasa memiliki kondisi medis tertentu, seperti dysplasia pinggul atau masalah jantung serta pernapasan. Maka, lama waktu dan tingkat olahraganya perlu disesuaikan.

Waktu olahraga untuk anjing senior

Beberapa orang berpendapat bahwa anjing berusia senior sudah tidak perlu berolahraga. Tapi, ini keliru. Anjing senior mungkin memang tidak dapat berlari sejauh dulu, tetapi mereka tetap membutuhkan olahraga yang tepat untuk mempertahankan kebugarannya.

Saat berolahraga dengannya, biarkan dia mengatur langkahnya. Lebih banyak beristirahat dan minum air. Hindari juga berolahraga di suhu cuaca yang panas dan perhatikan tanda-tanda kelelahannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News