CLOSE [X]
ads

Ketahui Kondisi Mimisan pada Kucing Peliharaan

Sumber: The Spruce Pets
Rabu, 25 Mei 2022 | 15:01 WIB
Ketahui Kondisi Mimisan pada Kucing Peliharaan

ILUSTRASI. Ketahui Kondisi Mimisan pada Kucing Peliharaan


MOMSMONEY.ID - Sama halnya dengan manusia, kucing ternyata juga dapat mengalami mimisan. Mimisan juga dikenal sebagai epistaksis yang terjadi ketika pembuluh darah kecil di rongga hidung atau sinus pecah karena trauma atau tekanan.

Selain itu, organ yang dikompromikan atau racun sistemik yang memengaruhi pembekuan darah kucing juga dapat memicu pendarahan hidung.

Mimisan pada kucing dapat dihentikan dengan beberapa cara, tetapi Anda mungkin membutuhkan tindak lanjut yang lebih pasti dari dokter hewan. Selain itu, ada informasi terkait yang perlu diketahui tentang mimisan pada kucing.

Baca Juga: Berbagai Macam Peralatan Perawatan untuk Kucing Peliharaan, Sudah Punya?

Gejala

Mengenali mimisan pada kucing cukup mudah. Baik hidung kucing Anda mengeluarkan darah secara aktif dari satu hidung atau kedua lubang hidung, maupun darah yang telah mengering dan berkerak di hidung, yang mungkin menunjukkan adanya pendarahan baru-baru ini.

Tanda-tanda hidung berdarah penting untuk dikenali. Sebab, ada kemungkinan pendarahan hidung kucing ini mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius yang mungkin tidak terlihat.

Penyebab

Dilansir dari The Spruce Pets, mimisan dapat terjadi dengan ringan atau serius bergantung penyebabnya. Ini mungkin dipicu oleh koagulopati (masalah pembekuan), cacat vascular, atau penyakit sistemik. Berikut  kemungkinan penyebab lebih jelasnya:

Trauma: Bisa terjadi karena cedera kepala, mulut, atau hidung yang menyebabkan pendarahan internal atau eksternal pada kucing. Jatuh, tertabrak, berkelahi, semuanya dapat menyebabkan mimisan. Jika terjadi pendarahan internal, Anda harus mewaspadainya.

Keracunan: Berbagai macam racun yang tak sengaja tertelan kucing dapat menyebabkan mimisan karena pendarahan internal yang ditimbulkan. Penyebab ini biasanya koagulopati.

Efek Obat-Obatan: Beberapa obat-obatan seperti antibiotik, obat kemoterapi, antijamur, dan hormon, dapat menyebabkan efek samping yang meliputi pendarahan hidung.

Kanker: Kanker dapat menyebabkan berbagai masalah pada kucing termasuk mimisan bila kanker ini menyerang kepala, hidung, atau sinus. Kadang-kadang karena tekanan yang ditempatkan tumor pada pembuluh darah atau tumor berdarah di saluran hidung.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Multivitamin untuk Kucing dan Harganya di Pasaran

Virus: Infeksi virus seperti FIV dan FeLV dapat menyebabkan mimisan pada kucing.

Masalah Pembekuan Darah: Jika kucing Anda memiliki penyakit seperti trombositopenia yang dimediasi kekebalan atau masalah lain yang memengaruhi seberapa baik pembentukan gumpalan, maka mimisan dapat terjadi.

Infeksi Jamur: Infeksi jamur seperti Cryptococcus neoformans, di rongga sinus dan saluran hidung dapat mengiritasi dan mengobarkan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan mimisan pada kucing.

Penanganan Mimisan pada Kucing

Jika Anda melihat darah keluar dari hidung kucing, ambil kain lembap dan coba bersihkan dengan lembut. Perhatikan hidung dengan cermat untuk mengetahui dari mana darah itu berasal.

Pendarahan dari luar hidung, kemungkinan besar disebabkan oleh cedera. Jadi, cobalah untuk menekan perlahan luka dengan lembut tanpa menghalangi lubang hidung.

Jika luka tampak besar, penanganan dokter hewan akan diperlukan. Selain itu, pendarahan yang berasal dari kedua hidung juga perlu mendapat perawatan dokter hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER