HOME, Keluarga

Ketahui Kebutuhan Nutrisi Apa Saja Anjing Peliharaan dari Makanannya

Ketahui Kebutuhan Nutrisi Apa Saja Anjing Peliharaan dari Makanannya

MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis makanan anjing yang dijual di pasaran. Biasanya, makanan komersial tersebut telah mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tubuh anjing. Anda mungkin kesulitan untuk mengetahui dan menentukan makanan anjing yang bergizi seimbang. Selain itu, Anda mungkin juga memikirkan penambahan suplemen multivitamin untuk mengisi kesenjangan nutrisi. Namun, apa saja ya kebutuhan nutrisi yang diperlukan anjing?

Kebutuhan Nutrisi Anjing

Nutrisi adalah zat yang diperoleh dari makanan dan digunakan hewan sebagai sumber energi, serta sebagai bagian dari mesin metabolisme yang diperlukan untuk pemeliharaan dan pertumbuhan. Dilansir dari Dogster, ada enam kelas nutrisi utama untuk anjing, yakni air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Halitosis pada Anjing, Apakah Anda Harus Khawatir?

Air

Semua makhluk hidup membutuhkan air. Tak terkecuali anjing. Air membentuk 70-80% dari massa tubuh tanpa lemak anjing dewasa. Fungsi air untuk tubuh meliputi: melarutkan dan mengangkut nutrisi ke sel; membantu mengatur suhu tubuh; menghidrolisis protein, lemak, dan karbohidrat untuk pencernaan; bantalan organ dan sistem saraf; membuang kotoran dari tubuh. Semua anjing membutuhkan akses air yang bersih dan segar selama 24 jam.

Protein

Protein memasok asam amino esensial dan non-esensial yang penting bagi kehidupan. Protein memberi struktur tubuh (rambut, kulit, kuku, otot, dan tulang yang kuat) dan diperlukan untuk membuat hormone, neurotransmitter, enzim, serta antibodi yang menjaga tubuh. Protein juga dapat memasok energi tanpa adanya karbohidrat dan lemak yang cukup.

Selain itu, anak anjing yang sedang tumbuh dan anjing betina membutuhkan protein dua kali lipat lebih banyak daripada anjing lainnya. Sumber protein dapat diperoleh dari daging tanpa lemak, ikan, telur, dan sumber nabati seperti kacang-kacangan.

Lemak

Lemak merupakan bentuk energi makanan yang paling terkonsentrasi, memberikan hewan peliharaan lebih dari dua kali lipat energi protein atau karbohidrat. Dilansir dari ASPCA, lemak sangat penting dalam struktur sel, diperlukan untuk produksi beberapa hormone, dan diperlukan untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin tertentu. Ini juga memberikan perlindungan bagi organ dalam.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama glukosa, yakni “bahan bakar” yang digunakan tubuh. Sebenarnya,karbohidrat bukanlah nutrisi yang penting untuk anjing, tetapi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan yang optimal. Karbohidrat dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang dikonsumsi anjing, termasuk sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian bebas gluten.

Baca Juga: Hati-Hati, Barang-Barang Rumah Tangga Ini Beracun untuk Anjing Peliharaan

Vitamin

Vitamin memiliki peran penting dalam tubuh. Misalnya, mengatur kadar kalsium dan fosfor (D), meningkatkan sistem kekebalan tubuh (A), berfungsi sebagai antioksidan (C dan E), memungkinkan darah menggumpal (K), dan menjaga fungsi sistem saraf (B12). Hati-hati untuk memberikan salah satu vitamin berlebih yang tidak seimbang karena toksisitas dapat terjadi.

Mineral

Ada dua kelas mineral yakni makromineral (kalsium, magnesium, fosfor, natrium, kalium, klorida) dan micromineral (besi, tembaga, seng, mangan, selenium, yodium). Makromineral dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar yang lebih tinggi daripada micromineral, tetapi keduanya sama pentingnya.

Mineral melakukan berbagai fungsi dalam tubuh, yakni merupakan bagian utama dari tulang (kalsium dan fosfor), membawa oksigen ke seluruh tubuh (zat besi), membantu penyembuhan luka (seng), memberikan dukungan antioksidan (selenium), membantu dalam transmisi saraf (natrium, kalsium, kalium, dan magnesium), dan mengatur keseimbangan cairan (natrium, klorida, kalium). Mineral dapat diperoleh dari makanan yang berbeda-beda.

Cara Memilihkan Makanan untuk Anjing

Dilansir dari VCA Hospitals, anjing adalah anggota ordo ilmiah Carnivora, sekelompok besar hewan mamalia yang memiliki struktur gigi yang sama. Kebutuhan makanan hewan yang termasuk dalam ordo ini bervariasi. Beberapa anggota kelompok ini memiliki kebutuhan mutlak untuk daging dalam makanan mereka (karnivora obligat), sedangkan lainnya dapat memenuhi kebutuhan melalui makanan tanaman (herbivora) atau kombinasi keduanya (omnivora).

Karena kebutuhan makanan anjing, baik dari struktur gigi dan saluran ususnya telah disesuaikan dengan omnivora, maka dalam keadaan normal, anjing dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi kombinasi makanan nabati dan hewani. Namun, Anda harus tetap memastikan makanan yang diberikan untuk anjing aman dan tidak beracun untuknya. Metode terbaik dalam memilih makanan untuk anjing adalah dengan bertanya kepada dokter hewan.

Perbedaan Kebutuhan Nutrisi pada Anjing Ras

Ahli gizi dan peneliti hewan telah mengidentifisikasi bahwa ada variasi breed yang memiliki metabolisme dan kebutuhan nutrisi tertentu. Perkawinan sedarah dan perbedaan genetik di setiap spesies mengakibatkan kebutuhan nutrisi lebih lanjut untuk mengoptimalkan kesehatan. Itulah kenapa terkadang ras anjing memiliki jenis dalam merek makanan tertentu.

Selain itu, mempertimbangkan gaya hidup anjing juga perlu dilakukan. Misalnya, hewan peliharaan penggembala, pemburu, atau lapangan membutuhkan rasio protein dan lemak yang berbeda dengan anjing rumahan lainnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News