Bugar

Ketahui Ini Sederet Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

Ketahui Ini Sederet Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

MOMSMONEY.ID - Manfaat buah zaitun jika dimakan langsung juga sangat beragam dan bisa Anda rasakan. 

Biasanya, manfaat buah zaitun ini diambil dalam bentuk olahan minyak. Namun, ternyata buah zaitun tak hanya bisa diolah menjadi minyak, tetapi juga bisa dimakan langsung.

Buah yang masih satu keluarga dengan mangga, ceri, persik, dan almond ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat buah zaitun jika dimakan langsung untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Jaga Berat Badan, Ini Sederet Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat buah zaitun jika dimakan langsung yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol. Buah zaitun juga meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan buah zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah zaitun jika dimakan langsung yang kedua adalah meningkatkan kesehatan jantung. Sama seperti minyaknya, ternyata buah zaitun mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Buah zaitun mengandung asam oleat yang bisa membantu mengatur kolesterol agar tidak teroksidasi. Buah zaitun juga dapat menurunkan tekanan darah. 

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah zaitun jika dimakan langsung yang ketiga adalah mengontrol tekanan darah. Rutin mengonsumsi buah zaitun akan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. 

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Sakit Kepala

4. Mencegah kanker

Manfaat buah zaitun jika dimakan langsung yang keempat adalah mencegah kanker. Senyawa dalam buah zaitun mampu mencegah kanker di payudara, usus besar, dan lambung.

Meski demikian, diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan adanya hubungan antara konsumsi zaitun dengan penurunan risiko kanker. 

5. Mengatasi sembelit

Manfaat buah zaitun jika dimakan langsung yang terakhir adalah mengatasi sembelit. Agar tinja lebih padat dan mudah dikeluarkan, Anda bisa mengonsumsi serat dari buah dan sayuran.

Selain itu, buah zaitun juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit karena bisa membuat tinja lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. 

Itulah beberapa manfaat buah zaitun jika dimakan langsung yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News