HOME, Bugar

Ketahui Gejala Kanker Paru dan Metode Pengobatannya

Ketahui Gejala Kanker Paru dan Metode Pengobatannya

MOMSMONEY.ID - Kanker paru-paru adalah kondisi ketika sel ganas (kanker) terbentuk di dalam jaringan paru-paru, dilansir dari Cancer Care.

Kanker ini lebih banyak dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok dan merupakan satu dari tiga jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.

Semakin awal diketahui, keberhasilan pengobatan juga semakin tinggi. Namun sayangnya, kanker paru-paru sering tidak menimbulkan gejala pada tahap awal.

Baca Juga: Kenali Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

Gejala baru muncul ketika kanker sudah cukup besar atau kanker telah menyebar ke jaringan dan organ sekitar. Sejumlah gejala yang dapat dirasakan penderita kanker paru-paru adalah:

  • Suara serak
  • Masalah pernapasan.Ketidaknyamanan atau nyeri pada dada
  • Batuk yang tidak hilang atau semakin memburuk dari waktu ke waktu
  • Merasa sangat lelah
  • Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening dalam dada di daerah paru-paru
  • Darah dalam dahak (lendir batuk dari paru-paru)
  • Kehilangan berat badan tanpa alasan
  • Masalah dalam menelan
  • Kehilangan selera makan
  • Peradangan atau sumbatan di paru-paru.

Ada beberapa cara pengobatan untuk kanker paru, tapi tergantung pada jenis kanker dan seberapa jauh kanker telah menyebar. Berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Terapi target

Metode terapi target ini diberikan kepada pasien yang mengalami kanker lagi setelah sembuh dari kanker ini, atau pasien yang tahapan stadium kanker sudah pada tingkatan yang cukup parah. 

2. Radioterapi 

Pasien tahapan stadium kanker yang cukup parah, terapi radiasi akan dilakukan sebelum atau sesudah operasi. Biasanya, terapi radiasi ini dikombinasikan dengan pengobatan lain, seperti kemoterapi. 

Baca Juga: Kenali Sayur dan Buah yang Berkhasiat Merawat Paru-Paru

3. Terapi target

Metode terapi target ini diberikan kepada pasien yang mengalami kanker lagi setelah sembuh atau pasien yang tahapan stadium kanker sudah pada tingkatan yang cukup parah. 

4. Kemoterapi

Salah satu pilihan pengobatan kanker ini biasanya menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker.

Obat yang digunakan biasanya merupakan kombinasi dari obat oral atau obat minum, maupun obat yang diberikan dengan cara disuntikkan melalui pembuluh vena. 

5. Terapi target

Metode terapi target ini diberikan kepada pasien yang mengalami kanker lagi setelah sembuh dari kanker ini, atau pasien yang tahapan stadium kanker sudah pada tingkatan yang cukup parah.

6. Imunoterapi 

Imunoterapi merupakan pengobatan kanker yang menggunakan sistem imun di dalam tubuh untuk melawan kanker. 

Pengobatan kanker ini biasanya diberikan kepada pasien kanker yang sudah menyebar ke bagian tubuh lain atau bisa dikatakan sudah mengalami kanker pada tahapan yang cukup parah. 

Selain menjalani salah satu dari berbagai jenis pengobatan kanker yang telah disebutkan, Anda juga bisa menerapkan gaya hidup sehat sebagai pasien kanker paru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News