HOME, Bugar

Ketahui Dampak Negatif Tidak Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Ketahui Dampak Negatif Tidak Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Sensitif

MOMSMONEY.ID - Mungkin masih beranggapan bahwa kulit sensitif tidak memerlukan sunscreen. Namun nyatanya, semua jenis kulit membutuhkan perlindungan dari sinar UV. Banyak dampak negatif yang akan Anda rasakan jika tidak menggunakan sunscren. Melansir dari anessa.id, inilah dampak negatif tidak menggunakan sunscreen untuk kulit sensitif, yaitu: 

1. Meningkatnya sensitivitas kulit

Dampak negatif pertama adalah meningkatnya sensitivitas kulit. Penyebab meningkatkan sensitivitas kulit disebabkan oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Saat Anda banyak melakukan aktivitas di luar rumah tanpa menggunakan sunscreen akan menimbulkan kemerahan serta kulit yang meradang pada kulit sensitif. 

2. Munculnya masalah kulit 

Kelanjutan dari meningkatnya sensitivitas kulit bisa memunculkan masalah kulit seperti jerawat, komedo dan lain-lainnya. Sehingga, gunakan sunscreen sebelum beraktivitas ke luar rumah. 

Baca Juga: Kenali Penyebab Munculnya Komedo di Wajah, Sudah Tahu?

3. Hiperpigmentasi

Dampak negatif tidak menggunakan sunscreen untuk kulit senstif lainnya adalah hiperpigmentasi. Terpaparnya kulit sensitif di bawah sinar matahari juga dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, di mana kulit dapat memproduksi pigmen pemberi warna pada kulit (melanin) lebih banyak sehingga kulit menjadi gelap di lokasi tertentu yang tidak merata. 

4. Penuaan dini 

Selanjutnya, penuaan dini juga akan terjadi jika Anda tidak menggunakan susncreen. Munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit disebabkan oleh sinar UV. Oleh sebab itu, saat kulit tidak terlindungi oleh sunscreen, kulit memiliki risiko mengalami penuaan dini lebih cepat.

5. Risiko kanker kulit 

Dampak negatif lainnya adalah risiko kanker kulit. Penyakit ini yang paling menakutkan, salah satu penyakit yang disebabkan oleh berubahnya susunan DNA pada kulit. Hal ini dapat dipicu oleh sinar UVA yang dipancarkan oleh sinar matahari, di mana dalam jangka panjang dapat mengubah struktur DNA pada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News