HOME, Bugar

Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering di Iklim Tropis di Sini, Tidak Sulit!

Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering di Iklim Tropis di Sini, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Indonesia termasuk negara beriklim tropis. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, butuh perhatian khusus untuk merawat jenis kulit ini. Kulit kering rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan munculnya garis-garis halus. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengatasi kulit kering di iklim tropis dilansir dari olay.co.id, yaitu:

1. Selalu perhatikan suhu tubuh

Cara mengatasi kulit kering di iklim tropis adalah selalu perhatikan suhu tubuh. Anda harus memperhatikan suhu tubuh, apalagi setelah beraktivitas di luar rumah yang sangat terik, tentunya sangat ingin mandi menggunakan air dingin.

Ada baiknya Anda lakukan setelah menunggu suhu tubuh kembali normal. Hal ini dikarenakan air dingin yang mengenai kulit yang masih bersuhu panas bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik.

2. Rawat kesehatan kulit dari dalam tubuh

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah rawat kesehatan kulit dari dalam tubuh. Konsumsi minimal 8 gelas air putih sehari bisa menjaga hidrasi pada kulit. Menjaga asupan nutrisi dari makanan yang mengandung serat, protein, dan vitamin juga bisa menjaga kesehatan kulit.

Pola hidup sehat juga bisa menjamin kondisi kulit tetap terjaga. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah menghindari rokok. Selain itu, Anda juga harus menjalani istirahat yang cukup.

Baca Juga: Melindungi Kulit dari Sinar UV, Ketahui 4 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

Kurang tidur bisa membuat hormon kortisol (hormon stres) dilepaskan dalam jumlah lebih banyak. Hormon ini bersifat memecah kolagen yang menjamin kulit tetap kencang dan elastis.

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur juga menjadi cara mengatasi kulit kering di iklim tropis. Pada saat berolahraga, kelenjar keringat memproduksi keringat yang keluar dari pori-pori. Kondisi ini memungkinkan kotoran yang ada dalam pori-pori terdorong keluar.

Berolahraga juga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga suplai oksigen dan nutrisi pada kulit tercukupi. Kulit akan senantiasa lembap dan tampak cerah secara merata. Lakukan kegiatan olahraga secara rutin setiap minggu. 

4. Gunakan sunscreen dan moisturizer

Cara mengatasi kulit kering di iklim tropis lainnya adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus.

Selain sunscreen, moisturizer juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering dan mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini bisa membantu kulit wajah tetap lembap, halus, dan sehat. Kandungan nutrisi dalam moisturizer juga bisa membantu Anda terhindar dari kondisi ekstrem seperti wajah kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News