CLOSE [X]
ads

Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal dengan Benar

Sumber: Head and Shoulders
Jumat, 21 Januari 2022 | 16:15 WIB
Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal dengan Benar

ILUSTRASI. Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal dengan Benar


MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan kulit kepala gatal? Duh, tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman. Rasanya ingin menggaruk kepala terus menerus dan lama-lama bisa membuat kulit kepala Anda iritasi akibat gesekan kuku.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara mudah mengatasi kulit kepala gatal yang bersumber dari headandshoulders.co.id. Yuk, ikuti caranya di bawah ini : 

1. Pilih sampo dan kondisioner dengan tepat

Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu pilih sampo dan kondisioner dengan tepat. Jika Anda memiliki masalah rambut ketombe atau rambut rontok, pilihlah sampo yang mengatasi masalah tersebut. Kemudian, pilihan shampo terbaik yang cocok untuk mengatasi kulit kepala kering adalah shampo dengan karakteristik lembut yang bisa melindungi kulit kepala tanpa membuatnya kering

2. Lembapkan kulit kepala kering

Selanjutnya, cara mengatasi kulit kepala gatal yaitu lembapkan kulit kepala kering. Kulit kepala kering adalah penyebab kepala gatal dan berketombe. Namun ketombe pada kulit kepala kering biasanya berbentuk serpihan kulit kecil dan tidak berminyak.

Mengembalikan kelembapan alami kulit kepala bisa mengurangi rasa kering dan gatal serta mengurangi kemunculan ketombe-ketombe kecil ini. Beberapa bahan natural yang bisa digunakan untuk melembapkan antara lain madu dan minyak kelapa. Anda bisa memilih produk perawatan rambut yang mengandung kedua bahan alami tersebut. 

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Astaxanthin dari Ganggang Merah untuk Kulit, Melawan Penuaan!

3. Hindari Bahan Kimia

Cara mengatasi kulit kepala gatal selanjutnya adalah hindari bahan kimia. Tidak masalah menggant warna rambut sesuai yang Anda inginkan, tapi bahan-bahan kimia yang ada pada hair bleach atau pemutih rambut dan cat rambut bisa berbahaya bagi rambut dan kulit kepala.

Bahan-bahan kimia itu bisa menyebabkan iritasi sehingga membuat kulit kepala menjadi gatal. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kondisi kulit kepala dengan menggunakan shampo yang lembut dengan hati-hati. 

4. Biarkan Kulit Kepala Bernafas

Cara mengatasi kulit kepala gatal dengan benar lainnya yaitu biarkan kulit kepala bernafas. Kulit kepala yang tertutup dalam waktu lama akan membuat kepala gatal karena keringat, panas, dan sebum yang menumpuk. Karenanya, biarkan kulit kepala bernafas. Lepaskan topi dan penutup kepala lain sejenak agar kulit kepala dapat terekspos udara segar dan cahaya matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru