HOME, Bugar

Ketahui Cara Aman Menghilangkan Kemerahan di Wajah Secara Alami

Ketahui Cara Aman Menghilangkan Kemerahan di Wajah Secara Alami

MOMSMONEY.ID -  Kemerahan di wajah disebabkan oleh banyak faktor, seperti memiliki penyakit tertentu, alergi terhadap obat atau produk skincare, masalah jerawat, salah menggunakan produk skincare dan lain-lain.

Wajah yang memerah sangat menggangu penampilan, apalagi disertai dengan rasa gatal dan panas. Oleh karena itu, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan.

Melansir dari thebodyshop.co.id, inilah tiga cara aman menghilangkan kemerahan di wajah secara alami, yaitu:

1. Es Batu

Es batu

Cara menghilangkan kemerahan di wajah secara alami pertama dengan es batu. Anda bisa mengompres wajah yang kemerahan dengan es, karena suhu dingin bisa membantu mengontraksi pembuluh darah yang terletak di bawah kulit sehingga kemerahan bisa berkurang. Es batu juga mampu mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Caranya tidak sulit, Anda hanya butuh es batu yang telah dibungkus dengan kain bersih atau handuk kecil. Kompres wajah secara perlahan selama satu menit. Hindari kontak langsung kulit dengan es karena bisa berujung pada peradangan dan rusaknya sel-sel kulit.

Baca Juga: Mencerahkan Kulit, Ketahui 4 Manfaat Goji Berry untuk Kecantikan Wajah

2. Lidah Buaya

Lidah buaya

Selanjutnya, cara menghilangkan kemerahan di wajah yaitu dengan lidah buaya. Menggunakan lidah buaya sebagai obat penenang saat wajah kemerahan cukup ampuh karena di dalam lidah buaya terdapat manfaat anti-inflamasi yang bisa mengurangi iritasi, peradangan, serta kulit kering yang memicu wajah memerah.

Cara mengaplikasikannya juga mudah karena Anda hanya perlu mengoleskan produk berbahan lidah buaya ke kulit yang bermasalah. Tunggu hingga kering sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan hal ini secara rutin dan berkala hingga kulit wajah kembali normal.

3. Mentimun

Mentimun

Cara menghilangkan kemerahan di wajah secara alami lainnya adalah dengan mentimun. Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan kemerahan di wajah, menjaga kulit tetap sahat dan cerah. 

Prosesnya pun terbilang mudah karena Anda hanya perlu mengiris mentimun dan mendinginkannya di dalam kulkas sebelum menempelkannya di permukaan wajah. Diamkan hingga irirsan-irisan mentimun itu tak lagi terasa dingin. Ulangi cara ini setiap hari dan rasakan manfaatnya.

Selain menggunakan cara-cara alami di atas, pastikan kuit wajah selalu dalam keadaan bersih. Biasakan untuk mencuci muka 2x sehari dengan facial wash yang cocok dengan jenis kulit, supaya Anda terhindari dari kulit kemerahan ataupun masalah lainnya. Kemudian, jika kemerahan di wajah belum kunjung sembuh ada baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan doker. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Merawat Kecantikan Kulit, Kenali Manfaat Ekstrak Buah Yuzu untuk Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News