HOME, Keluarga

Ketahui Berbagai Manfaat Punya Taman di Rumah, Bisa Bikin Sehat Loh!

Ketahui Berbagai Manfaat Punya Taman di Rumah, Bisa Bikin Sehat Loh!

MOMSMONEY.ID - Sudah bukan rahasia lagi bila keberadaan taman di suatu rumah mampu menambahkan kesan asri, teduh, dan nyaman.

Namun, tahukah Anda bahwa taman tak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah?

Jika ditelusur, ternyata ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika memiliki taman di pekarangan rumah, lo.

Apa saja manfaat yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Promo Shopee Gajian Hemat 24-25 Juni, Pulsa dan Tagihan Dapat Cashback 50%

Memperbaiki suasana hati

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keberadaan taman memang dapat mempercantik tampilan rumah. Hal ini ternyata dapat berpengaruh pada kondisi fisik dan mental Anda, lo.

Dikutip dari Habitat Ventures, taman rumah yang ditata dengan cantik akan menghadirkan pengalaman visual yang memanjakan dan menyegarkan mata Anda.

Selain itu, keberadaan taman dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati Anda. Setelah menjalani hari yang berat dan melelahkan, memandang taman rumah yang hijau tentu dapat memperbaiki mood dan membuat Anda segar kembali.

Akses ke hasil bumi

Memiliki taman di rumah dapat membantu menghemat pengeluaran Anda, terutama pengeluaran yang berhubungan dengan produk makanan seperti sayur, buah, hingga rempah-rempah.

Melansir Home Guides SF Gate, memiliki tanaman sayur dan buah di taman dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan hasil bumi. Jadi, Anda tak perlu bolak-balik pergi ke supermarket atau pasar hanya untuk mendapatkan sayur dan buah.

Merawat tanaman memang sedikit merepotkan dan perlu banyak biaya, tapi semuanya sepadan ketika tanaman yang Anda rawat menghasilkan banyak sayur, buah, dan rempah. Anda pun akan mendapatkan hasil bumi yang masih segar, sehingga nutrisi keluarga akan lebih terjamin.

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Keramik Bermotif Pada Interior, Rumah Tampak Hidup

Melestarikan lingkungan

Tak hanya untuk penghuni rumah, keberadaan taman juga dapat mempengaruhi kelestarian lingkungan di sekitar Anda.

Sebagai contoh, tanaman-tanaman di taman Anda akan melakukan proses fotosintesis yang mengubah gas karbondioksida menjadi oksigen. Selain itu, tanaman tersebut juga dapat meredam polusi udara dan suara di sekitar Anda.

Makhluk hidup seperti burung dan serangga juga akan diuntungkan oleh taman di rumah Anda. Selain menyediakan habitat dan tempat mencari makan untuk mereka, taman Anda juga akan semakin hidup dengan keberadaan makhluk hidup tersebut.

Baca Juga: Mudah! Ini 4 Tips Membersihkan dan Merawat Dinding Rumah

Menimbulkan hobi berkebun

Mengutip Very Well Family, memiliki taman bisa memberikan hobi baru yang menyenangkan untuk Anda dan seluruh keluarga, yaitu berkebun.

Bagi Anda yang sehari-hari berkegiatan di dalam ruangan, berkebun bisa menjadi hobi yang baik untuk menghabiskan waktu di luar rumah bersama keluarga. Saat berkebun, Anda akan terpapar banyak sinar matahari dan udara segar yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik lewat berkebun akan membantu menurunkan tingkat stres, sehingga meningkatkan suasana hati dan produktivitas selama berada di rumah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki taman di rumah. Yuk, buat taman sendiri di rumah dan rasakan berbagai manfaatnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News