HOME, Bugar

Ketahui 6 Cara Mencegah Jerawat yang Akan Tumbuh di Sini

Ketahui 6 Cara Mencegah Jerawat yang Akan Tumbuh di Sini

MOMSMONEY.ID - Jerawat adalah salah satu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan. Semua orang menginginkan wajah mulus dan bersih bebas dari jerawat. Tentunya, hal tersebut membutuhkan usaha dan perawatan yang teratur.

Anda masih bisa mencegah jerawat yang akan tumbuh dengan beberapa cara di bawah ini. Pastinya, anda perlu melakukannya secara rutin dan konsisten. Melansir dari thebodyshop.co.id, berikut enam cara mencegah jerawat yang akan tumbuh, yaitu:

1. Mencuci Muka Secara Rutin

mencuci muka

Cara mencegah jerawat yang akan tumbuh pertama adalah dengan mencuci muka secara rutin. Mencuci muka menjadi cara dasar dalam perawat penampilan wajah, loh. Jika wajah dalam keadaan bersih, maka bakteri dan kotoran tidak akan menumpuk di wajah. 

Sehingga kemungkinan jerawat akan muncul kecil. Anda bisa melakukan teknik double cleansing untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan mencuci wajah sebanyak 2 kali setiap pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari setelah menjalani semua rutinitas yang ada.

2. Mengatur Pola Makan Sehat

makanan sehat

Mengatur pola makan sehat juga menjadi cara mencegah jerawat akan tumbuh. Makanan bisa menjadi alasan jerawat dapat muncul dengan mudah. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu munculnya jerawat sehingga harus anda kurangi.

Mulailah dengan mengurangi asupan kacang-kacangan, makanan pedas, makanan dan minuman tinggi gula, serta makanan yang terlalu asin karena akan memicu jerawat muncul pada wajah. Perbanyak makanan sayuran hijau, buah beri-berian dan ikan yang dapat merawat kulit anda. 

3. Rutin Minum Air Putih

Minum air putih

Cara mencegah jerawat yang akan tumbuh selanjutnya dengan rutin minum air. Air putih mampu menjaga kelembapan kulit anda agar tetap cerah, segar dan tidak kusam. 

Sehingga, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih lebih dari 8 gelas per hari untuk hasil yang maksimal. Air putih sendiri dapat digunakan sebagai salah satu cara mencegah munculnya jerawat karena dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Deodorant Spray Wanita Terbaik, Sudah Coba?

4. Hindari Memegang Area Wajah

Jerawat

Bagi anda yang sering memegang area wajah, apalagi menggunakan tangan mulai saat ini hentikan. Hal ini penting untuk dilakukan agar berbagai kotoran tidak semakin menumpuk di dalam pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

5. Membersihkan Pori-Pori Wajah dari Kulit Mati

pori-pori besar

Cara mencegah jerawat yang akan timbul selanjutnya dengan membersihkan pori-pori wajah dari kulit mati. Anda perlu melakukan eksfoliasi setiap seminggu 1x atau maksimal 2x dalam seminggu. Eksfoliasi sangat dibutuhkan oleh kulit wajah anda yang berada di iklim tropis dengan udara panas dan lembap sehingga sel kulit mati tidak terangkat hingga bersih. 

6. Menggunakan Produk Mencegah Kulit Berjerawat

Skincare

Cara mencegah timbulnya jerawat lainnya yaitu menggunakan produk mencegah kulit berjerawat. Pilih produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan wajah anda.

Gunakan produk dengan bahan alami yang dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan pada kulit. Anda bisa memilih produk yang menggunakan kandungan tea tree karena dapat membantu membersihkan kotoran serta minyak hingga ke pori-pori.

Selanjutnya: Cari Tahu Penyebab Flek Hitam di Wajah, Menggangu Penampilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News