Bugar

Ketahui 5 Tanda Tubuh Anda Terkena Alergi Obat

Ketahui 5 Tanda Tubuh Anda Terkena Alergi Obat

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang alergi terhadap beberapa benda maupun makanan. Di samping itu, ada pula orang yang dapat mengalami alergi obat.

Alergi semacam ini merupakan salah satu jenis reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis obat tertentu.

Reaksi alergi obat biasanya muncul secara bertahap dengan sistem antibodi tubuh menolak obat tersebut. Reaksi ini mungkin tidak langsung muncul ketika pertama kali mengonsumsi obat.

Pada tahap awal, sistem kekebalan tubuh akan menandakan obat tersebut sebagai substansi berbahaya bagi tubuh, lalu mengembangkan antibodi secara perlahan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir, Mulai Mencegah Kembung Sampai Masalah Pencernaan

Selain itu, seperti dilansir dari Healthline, inilah beberapa tanda seseorang terkena alergi obat yang perlu Anda waspadai, antara lain: 

Ruam kulit

Tanda seseorang terkena alergi obat adalah ruam kulit. Terkadang ruam tersebut disertai dengan rasa gatal. Ruam kemerahan atau bentol-bentol akan muncul di kulit seperti terkena gigitan serangga tetapi dalam jumlah yang banyak. 

Sesak napas

Sesak napas juga dapat disebabkan oleh alergi obat. Sesak napas terjadi karena penyempitan saluran napas dikarenakan pembengkakan sebelumnya.

Hal tersebut terjadi karena saluran pernapasan memberikan reaksi alergi ketika saluran pernapasan mempunyai banyak lendir. Selain bengkak, lendir juga dapat menyebabkan sesak napas.

Demam

Tanda lainnya alergi obat yaitu mengalami demam. Demam akan muncul sebagai salah satu jenis pertahanan antibodi, karena tubuh telah dimasuki oleh zat-zat yang secara alamiah ditolak oleh tubuh karena tidak cocok.

Baca Juga: Luar Biasa! Sederet Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Rasa gatal

Tanda seseorang mengalami alergi obat yang terakhir adalah rasa gatal pada tubuh. Gatal tersebut juga dapat bersamaan dengan ruam. Tidak jarang rasa gatalnya disertai rasa panas dan juga perih saat digaruk.

Pembengkakan pada tubuh

Alergi obat dapat menyebabkan pembengkakan pada tubuh. Pembengkakan akan terjadi pada beberapa kasus alergi obat. Bagian yang biasanya mengalami bengkak yaitu bagian muka.

Mata juga dapat tertelan oleh pipi yang bengkak, sehingga lama sekali untuk kembali menjadi normal. Ada juga yang mengalami alergi obat sehingga bengkak di sekujur tubuh.

Itulah beberapa tanda jika seseorang mengalami alergi obat. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya segera berhenti mengonsumsi obat tersebut dan lakukan pemeriksaan ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News