HOME, Keluarga

Ketahui 5 Penyebab Tanaman Hias Berbunga Anda Tidak Mau Berbunga

Ketahui 5 Penyebab Tanaman Hias Berbunga Anda Tidak Mau Berbunga

MOMSMONEY.ID - Sudah semestinya tanaman hias berbunga itu berbunga. Sebab, jika tidak, bisa saja tanaman yang tidak bisa berbunga merupakan tanda-tanda masalah pada tanaman Anda. Oleh karena itu, perlu penanganan yang tepat untuk menyelamatkan tanaman bunga kesayangan Anda.

Namun, sebelum Anda mengatasinya, lebih baik Anda mengetahui penyebab-penyebab tanaman enggan berbunga. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman tidak berbunya. Berikut 5 kemungkinan di antaranya.

Baca Juga: Berikut Macam-Macam Cara Menanam Hidroponik

Masalah Umur

Dilansir dari Gardening Know How, dalam banyak kasus, tanaman terlalu muda untuk mekar. Terkadang sebuah tanaman membutuhkan 2-3 tahun untuk menjadi dewasa. Pada usia dewasa inilah kemudian tanaman akan memekarkan bunganya. Ini tentu bergantung dengan jenis tanaman yang Anda rawat. Ada beberapa tanaman yang berbunga sepanjang waktu, seperti mandevilla dan bugenvil. Namun, ada juga yang hanya mekar sekali setahun seperti bunga wijaya kusuma dan amaryllis.

Suhu dan Sinar Matahari

Suhu juga memengaruhi pertumbuhan bunga. Suhu yang terlalu dingin akan cepat membunuh kuncup bunga, sehingga tanaman gagal berbunga. Banyak bunga membutuhkan sinar matahari setidaknya 6 jam sehari untuk mengatur kuncupnya. Matahari diperlukan tanaman untuk melakukan fotosintesis dan membuat makanan mereka sendiri. Bila kekurangan sinar matahari, tanaman akan stress dan menjatuhkan kuncupnya karena kekurangan energi.  Selain itu, angin juga dapat menghambat produksi bunga karena penyerbukan yang buruk.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Busuk Batang pada Tanaman Pangan dan Cara Mengatasinya

Penyiraman yang Salah

Ini terdengar sepele, tetapi jangan disepelekan. Seberapa banyak dan seberapa sering Anda menyirami akan berdampak pada tanaman. Beberapa tanaman muda membutuhkan penyiraman lebih sering dan beberapa tanaman tidak membutuhkan banyak air, hal-hal tersebut harus Anda pertimbangkan. Kelebihan air tidak baik, tetapi kekurangan air juga tidak baik. Sedikit riset tentang jenis tanaman Anda akan sangat membantu menentukan jumlah penyiraman.

Ketidakseimbangan Nutrisi

Dalam memberikan pupuk, tidak boleh sembarangan. Sebab, keseimbangan nutrisi yang tidak tepat akan membuat tanaman enggan berbunga. Contohnya, terlalu banyak nitrogen dapat menghasilkan pertumbuhan batang dan daun yang subur, tetapi tidak untuk pembungaan. Terlalu sedikit fosfor juga menyebabkan tanaman tidak berbunga, tetapi bila berlebihan dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan nitrogen pada tanaman dan membuat tanaman menjadi kekurangan nitrogen.

Pemangkasan Diwaktu yang Salah

Pemangkasan memang baik dilakukan untuk memancing pertumbuhan tanaman yang baru. Akan tetapi, bila pemangkasan dilakukan pada waktu yang salah, bisa-bisa tanaman tidak akan pernah berbunga sama sekali. Dilansir dari The Spruce, memangkas tanaman di akhir musim dapat menghilangkan semua tunas untuk bunga tahun depan. Beberapa tanaman seperti lilac dan hydrangea mengatur kuncupnya setahun sebelumnya. Anda harus menahan pemangkasan untuk beberapa jenis bunga. Kembali lagi, ini bergantung dengan jenis tanaman yang Anda pelihara.

Selanjutnya: 7 Jenis Tanaman Obat Keluarga Paling Umum Ditanam dan Khasiatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News