BisnisYuk

Ketahui 5 Penyebab Jerawat di Dada yang Harus Anda Tahu, Bikin Tidak Nyaman

Ketahui 5 Penyebab Jerawat di Dada yang Harus Anda Tahu, Bikin Tidak Nyaman

MOMSMONEY.ID - Tentu bikin tidak nyaman, inilah beberapa penyebab jerawat di dada. Masalah jerawat tidak hanya muncul di area wajah saja, tetapi bagian tubuh pun juga mengalaminya termasuk dada. 

Walaupun termasuk bagian tertutup pada tubuh, munculnya jerawat di dada membuat Anda merasa gatal dan risih. 

Sebelum menghilangkan jerawat di dada, Anda harus memahami penyebab masalah kulit ini. 

Melansir dari realfood.co.id, simak lima penyebab jerawat di dada, yaitu: 

1. Perubahan hormon

Penyebab pertama jerawat di dada karena perubahan hormon. Hormon yang berpengaruh tersebut adalah hormon androgen.

Ketika hormon androgen mengalami peningkatan, kelenjar sebum akan memproduksi lebih banyak minyak yang dapat memicu jerawat.

Kondisi ini seringkali terjadi pada wanita ketika menjelang siklus menstruasi. Selain itu, saat peralihan penggunaan alat kontrasepsi hormonal satu ke alat KB lainnya.

Baca Juga: Promo Traveloka 7-19 Maret 2023, Dapatkan Harga Hemat Tiket Pesawat ke Jakarta

2. Kurang membersihkan area tubuh

Penyebab jerawat di dada selanjutnya adalah kurang membersihkan area tubuh.

Anda tentu harus menjaga kebersihan tubuh, terutama pada area dada yang cenderung sering tertutup, mudah berkeringat, dan lembap sehingga menjadi tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak.

Jika Anda jarang mandi, mengganti baju, maupun bra, kulit di area dada akan menjadi lebih kotor. Hal ini tentunya akan menyebabkan bertumpuknya sel-sel kulit mati, keringat, dan sebum yang dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Paparan sinar Matahari

Kemudian, paparan sinar Matahari juga bisa menyebabkan jerawat di dada. Area kulit yang sering terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering.

Kondisi ini dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak sebum sehingga kulit menjadi lembap. Namun, produksi sebum yang berlebihan justru menyebabkan terjadinya penumpukan sel kulit mati dan kotoran sehingga jerawat lebih mudah muncul.

Baca Juga: Inilah 3 Manfaat Sebum untuk Kulit yang Harus Anda Tahu

4. Mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan

Suka mengonsumsi makanan dan minuman manis? Ternyata, kebiasaan berlebihan tersebut bisa menyebabkan jerawat di dada. 

Makanan dan minuman yang manis tentunya dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini mengakibatkan produksi insulin dalam tubuh meningkat sehingga memicu produksi minyak berlebih di kulit.

Sehingga, jerawat lebih mudah muncul, bahkan di area dada. Mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan juga dapat meningkatkan hormon androgen yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

5. Pemakaian sabun detergen atau parfum tertentu

Penyebab jerawat di dada lainnya adalah pemakaian sabun detergen atau parfum tertentu. Mengenakan pakaian yang bersih memang dapat mencegah timbulnya jerawat.

Bagi sebagian orang, mengenakan pakaian yang dicuci menggunakan deterjen yang mengandung parfum dan pewarna justru dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Hal ini juga bisa terjadi bagi Anda yang seringkali menyemprotkan parfum pada area kulit, terutama dada yang dapat memicu munculnya jerawat.

Sekarang Anda sudah tahu beberapa penyebab jerawat di dada. Yuk, mulai rawat kesehatan kulit tubuh Anda sekarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News