HOME, Bugar

Ketahui 5 Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Mengganggu Penampilan

 Ketahui 5 Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Mengganggu Penampilan

MOMSMONEY.ID - Flek hitam adalah noda atau bintik-bintik kecil berwarna gelap akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Memiliki flek hitam di wajah sangat menggangu penampilan anda sehari-hari. 

Munculnya flek hitam tidak membahayakan kesehatan dan ini merupakan kondisi alami. Jika masih bingung munculnya flek hitam di wajah anda disebabkan oleh apa, mari cari tahu penyebab munculnya flek hitam di sini : 

1. Hiperpigmentasi

Melansir dari cderma.id, Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit (pigmen).

Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak. Hal itu dikarenakan oleh kulit memproduksi melanin berlebih sehingga flek hitam di wajah akan terlihat lebih jelas dan banyak.

2. Paparan Sinar UV

Penyebab flek hitam selanjutnya adalah paparan sinar UV. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian memunculkan flek hitam pada wajah.

Selain itu, wajah yang terkena sinar matahari secara terus-menerus juga dapat menyebabkan kanker kulit. Sehingga penggunaan sunscreen atau sunblock setiap hari sangat dianjurkan untuk kulit anda sebelum beraktivitas ke luar. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bentuk Sunscreen Melindungi Kulit dari Sinar UV

3. Faktor Genetik

Ternyata penyebab munculnya flek hitam juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Melansir dari cderma.id, orang yang memiliki faktor genetik ini di dalam tubuhnya akan cenderung rentan mengalami penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

4. Efek Samping Obat atau Kosmetik

Penyebab flek hitam di wajah selanjutnya yaitu efek samping obat atau kosmetik. Melansir dari senka.id, mengonsumsi obat seperti pil KB, obat-obatan untuk penyakit fungsi tiroid, terapi hormon, dan obat lainnya dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah. Penyebab munculnya flek hitam tersebut karena kandungan di dalam obat-obatan. 

Selain itu, penggunaan kosmetik yang kurang tepat dapat menyebabkan flek hitam karena kandungan kimia di dalamnya yang dapat memicu produksi melanin pada kulit. Beberapa kandungan dalam produk kosmetik juga bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga dapat meningkatkan risiko dari radiasi UVA dan UVB.

5. Bekas Jerawat

Penyebab flek hitam di wajah lainnya adalah bekas jerawat. Noda hitam dari bekas jerawat lama-kelamaan akan menjadi flek hitam di wajah. Biasanya bekas jerawat membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, tetapi jika tidak berusaha untuk menghilangkan bekas jerawat maka akan muncul flek hitam di wajah.

Selanjutnya: Ketahui 5 Hal yang Memperlambat Pertumbuhan Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News