HOME, Bugar

Ketahui 5 Penyakit yang Disebabkan oleh Gigitan Nyamuk

Ketahui 5 Penyakit yang Disebabkan oleh Gigitan Nyamuk

MOMSMONEY.ID - Gigitan nyamuk pembawa virus atau parasit tertentu dapat menyebabkan penyakit parah. Mulai dari malaria, demam berdarah, demam chikungunya, sampai kaki gajah.

Terkhusus penyakit kaki gajah, sebenarnya disebabkan oleh cacing, tetapi ditularkan melalui gigitan berbagai jenis nyamuk.

Penyakit ini bersifat kronis, sehingga jika pengidapnya tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, maka bisa menimbulkan disabilitas.

Oleh sebab itu, nyamuk menempati urutan pertama sebagai hewan yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, antara lain: 

1. Malaria

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pertama adaah penyakit malaria. 

Malaria adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh parasit dari gigitan nyamuk Anopheles, dan bahayanya pun cukup serius seperti penyakit infeksi lainnya.

Jika Anda digigit nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi, parasit Plasmodium penyebab malaria dapat dilepaskan ke dalam aliran darah Anda.

Infeksi gigitan nyamuk ini kemudian menyebabkan tubuh terus menggigil dan muncul demam yang umumnya berlangsung selama 2-3 hari.

Jika berkembang parah tanpa diobati, malaria dapat menyebabkan koma dan juga bisa menyebabkan kematian.

2. Kaki gajah (filariasis)

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk kedua adalah penyakit kaki gajah (filasiasis) 

Penyakit kaki gajah atau filariasis adalah penyakit yang disebabkan oleh tiga spesies cacing filaria seperti Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori.

Nah, cacing-cacing tersebut bisa terbawa oleh nyamuk jenis Culex, Anopheles, Mansonia, dan Aedes, dan ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk-nyamuk tadi.

Penyakit kaki gajah bisa berlangsung dalam waktu yang lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Jika tak segera diobati, infeksi gigitan nyamuk ini dapat menyebabkan demam, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

3. Chikungunya

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ketiga adalah penyakit chikungunya. 

Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus chikungunya, yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.

Ya, bahayanya digigit nyamuk jenis Aedes memang tidak hanya menimbulkan DBD, namun juga penyakit chikungunya.

Ciri-ciri jika Anda terserang infeksi chikungunya lewat nyamuk ini pun mirip dengan gejala DBD, mulai dari demam, menggigil, sakit kepala, dan bintik kemerahan yang menyebar di kulit.

Namun, umumnya yang membedakan adalah adanya rasa nyeri di persendian tubuh. Orang yang sakit chikungunya lebih rentan mengalami nyeri sendi di bagian lutut dan siku.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Malaria

4. Demam kuning (yellow fever)

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk keempat adalah demam kunig (yellow fever). Selain chikungunya, ada pula yellow fever atau biasa dikenal sebagai demam kuning.

Penyakit ini biasanya dibawa dan ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes atau Haemagogus. Biasanya, orang yang terkena demam kuning akan merasakan demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

Sesuai dengan kata “kuning” pada nama penyakit ini, lama-lama infeksi akan menyebabkan kulit berubah warna kuning dan beberapa organ tubuh gagal berfungsi setelah Anda digigit nyamuk.

5. Zika

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk kelima adalah penyakit zika. 

Beberapa tahun belakangan ini, dunia digemparkan oleh bahayanya virus zika yang menular lewat gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti.

Virus zika sendiri bukan merupakan sebuah penyakit yang baru. Virus ini pertama kali ditemukan di Nigeria pada 1953.

Hanya 1 dari 5 orang yang terinfeksi zika menunjukkan gejala-gejala, antara lain demam, kulit berbintik merah, nyeri sendi, dan terjadi peradangan konjungtiva.

Pada beberapa kasus zika, dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. 

Itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News