HOME, Bugar

Ketahui 5 Manfaat Micellar Water untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ketahui 5 Manfaat Micellar Water untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Micellar water adalah salah satu produk pembersih wajah yang bersih, praktis dan nyaman dipakai. Pada kulit berminyak dan berjerawat, produk micellar water cukup berperan aktif untuk membersihkan wajah.

Agar lebih memahami betapa bermanfaatnya produk ini, berikut manfaat micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat, yaitu: 

1. Menghilangkan kotoran dan minyak

Manfaat micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat pertama yaitu menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada kulit. Hal ini karena adanya misel yang merupakan senyawa yang sangat efektif menghilangkan kotoran dan minyak agar kulit tetap bersih.

Misel dan gliserin juga meningkatkan permeabilitas atau kemampuan menyerap bahan skincare oleh kulit, memungkinkan pembersih mencapai lapisan kulit yang lebih dalam

2. Meningkatkan hidrasi kulit

Manfaat micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah bisa meningkatkan hidrasi kulit. Kandungan gliserin pada micellar water telah terbukti membantu kulit mempertahankan kelembapan lebih efektif.

Mengoleskan gliserin ke kulit yang teriritasi efektif memulihkan hidrasi kulit dan meningkatkan fungsi skin barrier. Gliserin dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, melindungi dari iritasi, dan meningkatkan hidrasi saat dioleskan.

Selanjutnya, surfaktan dalam micellar water yang sangat ringan dan tidak menyebabkan iritasi, menjadikannya pilihan yang cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Tepat Memilih Serum Wajah untuk Kulit Kering

3. Menjaga kulit tetap bersih

Micellar water juga dapat menjaga kulit tetap bersih dari pori-pori tersumbat, atau noda membandel. Berkat kandungan air misel yang dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak, sehingga membantu mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat untuk menjaga kulit tetap bersih.

Micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat penting untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat. Kondisi seperti jerawat seringkali disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, yang bisa menjadi meradang dan berubah menjadi jerawat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa menggunakan pembersih wajah yang ringan dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi komedo. Micellar water mudah diaplikasikan hanya dengan menggunakan kapas, sehingga tidak memerlukan brush dan waslap yang dapat menyebarkan kuman dan bakteri.

4. Bisa dipakai semua jenis kulit

Micellar water bisa dipakai oleh semua jenis kulit, termasuk kulit kering, berminyak, berjerawat (acne-prone) atau normal. Micellar water sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau kondisi seperti rosacea, karena bebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti sabun dan alkohol. Salah satu senyawa utama dalam air misel, gliserin, juga telah terbukti mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit.

5. Pemakaian praktis dan nyaman 

Selain aman dipakai oleh semua jenis kulit, pemakaian produk micellar water cukup praktis dan nyaman. Karena bertindak sebagai penghapus riasan dan pembersih, micellar water dapat menggantikan beberapa produk lain dalam rutinitas perawatan kulit.

Micellar water juga bagus untuk bepergian dan dapat berguna dalam situasi di mana Anda mungkin tidak dapat mengakses air yang mengalir untuk membersihkan wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News