Keluarga

Ketahui 5 Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Bikin Kulit Cerah!

Ketahui 5 Manfaat Kafein untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Bikin Kulit Cerah!

MOMSMONEY.ID - Ada 5 manfaat kafein untuk kecantikan kulit. Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Banyak ditemukan dalam kopi dan teh, kafein tak hanya menawarkan efek menyegarkan yang mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

Ternyata, kafein juga menyimpan beragam manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit lho Moms.

Melansir laman mindbodygreen, berikut 5 manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang tidak boleh Anda lewatkan:

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan Kuku, Kuku Jadi Kuat dan Cantik

1. Mengurangi kemerahan

Manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang pertama yaitu mengurangi kemerahan. Kafein adalah vasokonstriktor yang mampu menyempitkan pembuluh darah di kulit. Menurut dokter kulit bersertifikat bernama Zenovia Gabriel, M.D., FAAD, penyempitan pembuluh darah dapat mengurangi kemerahan pada kulit khususnya pada kondisi seperti rosacea.

Satu studi tahun 2018 tentang konsumsi kopi berkafein menemukan bahwa peminum kopi yang rajin 23% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan rosacea.

Selain minum kopi, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang serupa dengan menerapkan kafein secara topikal pada kulit.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang kedua yaitu mencerahkan kulit. Seperti serum vitamin C, kafein memiliki banyak sifat antioksidan yang membantu sel-sel kulit menetralkan radikal bebas yang merusak.

Antioksidan sendiri termasuk bahan pencerah yang baik. Karena mengandung antioksidan, tidak heran jika kafein bisa sekaligus membantu mencerahkan kulit.

3. Mengurangi bengkak

Manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang ketiga yaitu mengurangi bengkak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kafein merupakan vasokonstriktor yang mampu menyempitkan pembuluh darah di kulit. Penyempitan pembuluh darah di kulit tidak hanya bisa mengurangi kemerahan, tetapi juga membantu mengurangi bengkak.

Kafein telah terbukti memiliki efek jangka panjang yang membantu mengurangi peradangan. Ketika peradangan mereda, bengkak yang menyertainya juga akan ikut mereda.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menempelkan kantong teh hijau yang sudah diseduh di bawah mata. Kandungan kafein dalam teh hijau akan membantu menenangkan dan mengurangi pembengkakan di bawah mata.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare untuk Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah, Apa Saja?

4. Menunda photoaging

Manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang keempat yaitu menunda photoaging. Kafein memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Antioksidan dalam kafein mampu mencegah radikal bebas yang diinduksi oleh sinar UV. Adapun proses ini dapat membantu menunda photoaging.

Meskipun tidak bisa membalikkan efek photoaging, namun antioksidan dalam kafein dapat membantu memperlambat prosesnya.

5. Mengurangi tampilan selulit

Manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang terakhir yaitu mengurangi tampilan selulit. Anda bisa menggunakan scrub berbahan kopi untuk dioleskan di area tubuh yang terdapat selulit. Cara ini akan memberikan perbaikan sementara pada tekstur kulit.

Namun, perlu diingat bahwa kafein hanya mampu mengurangi tampilan selulit yang dangkal serta tidak dapat mengatasi akar masalahnya.

Intinya, kafein bisa membantu mengurangi tampilan selulit tapi tidak selamanya dan tidak dapat menyingkirkan penyebabnya.

Itulah 5 manfaat kafein untuk kecantikan kulit yang tidak boleh Anda lewatkan. Kendati banyak manfaatnya, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengaplikasikan kafein secara topikal pada kulit terutama jika Anda cenderung mengalami reaksi negatif terhadap produk perawatan kulit atau merasa sangat sensitif terhadap kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News