HOME, Bugar

Ketahui 5 Manfaat Daun Neem untuk Wajah, Masalah Jerawat Hilang!

Ketahui 5 Manfaat Daun Neem untuk Wajah, Masalah Jerawat Hilang!

MOMSMONEY.ID - Daun neem adalah tanaman hijau yang berasal dari India dan kini sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia, khususnya pulau jawa.

Daun neem memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Manfaat daun neem atau mimba yang banyak orang tahu yaitu dapat menghilang jerawat. Benar saja, telah banyak produk skincare yang menggunakan daun neem sebagai bahan utama dari produk mereka. 

Selain menghilangkan jerawat, daun neem juga memiliki banyak manfaat lain untuk wajah. Ada apa saja? Berikut penjelasannya untuk Anda dikutip dari otcdigest.id,, yaitu : 

1. Menghilangkan Masalah jerawat

Jerawat

Manfaat daun neem untuk wajah pertama adalah dapat menghilangkan masalah jerawat. Jika anda memiliki daun neem, Anda bisa membuat masker alami.

Caranya, yakni membuat pasta dari adonan daun neem dan air hangat, boleh ditambahkan kunyit, dimana kunyit memiliki efek antiseptik.

Oleskan ke wajah anda sebagai masker alami lalu tunggu selama 20 menit sampai masker kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Untuk lebih gampangnya anda juga bisa membeli produk skincare yang memiliki kandungan daun neem.

2. Menjaga kelembaban kulit

Pada kulit kering, daun neem pun membantu menjaga kelembaban kulit. Secara tradisional bubuk neem dicampur dengan air dan beberapa tetes minyak biji anggur, kemudian dibalurkan ke kulit wajah.

Pengaplikasian secara rutin memberi manfaat lain, selain menjaga kelembaban kulit wajah, juga menyingkirkan komedo dan kulit wajah kencang plus halus.

Baca Juga: Harus Tahu! 5 Manfaat Lain Deodorant Selain Menghilangkan Bau Badan

3. Mengendalikan reaksi alergi pada kulit

Manfaat daun neem untuk kulit selanjutnya adalah bisa mengendalikan reaksi alergi pada kulit.

Daun neem diketahui memiliki fitokimia yang merangsang kekebalan dan sifat regeneratif yang bisa membantu kulit untuk melawan patogen di permukaan kulit, sehingga menjaganya tetap kenyal.

Sifat anti-inflamasi dan analgetiknya dapat membantu “menenangkan” kulit pada mereka yang menderita alergi.

4. Mengontrol minyak berlebih

Kulit Berminyak

Berikutnya, daun neem juga mampu mengontrol minyak berlebih. Caranya yaitu pasta daun neem dicampur dengan jus lemon dan sedikit yogurt. Ini tidak hanya mencegah dan mengendalikan kelebihan minyak, tetapi juga mecegah jerawat kembali muncul – salah satu masalah membandel pada jenis kulit berminyak.

5. Sebagai toner kulit

Selain bisa dijadikan masker, daun neem juga bisa diolah menjadi toner. Caranya yaitu rebusan daun neem dapat dipakai sebagai toner kulit.

Rebus sekitar 20 lembar daun mimba dengan setengah liter air sampai daun melembut dan berubah menjadi hijau. Saring dan simpan dalam botol. Gunakan cairan ini sebagai toner kulit dengan menyekakan pada wajah tiap malam.

Itulah manfaat daun neem untuk kecantikan kulit wajah yang harus Anda tahu. Telah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan daun neem sebagai bahan produk skincare.

Nah, apakah tertarik menggunakan daun neem sebagai bahan produk skincare Anda? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News