HOME, Bugar

Ketahui 5 Manfaat Buah Kesemek Jawa, Bisa Bantu Program Diet

Ketahui 5 Manfaat Buah Kesemek Jawa, Bisa Bantu Program Diet

MOMSMONEY.ID - Kesemek Jawa adalah jenis buah-buahan asli Tiongkok. Buah kesemek Jawa ini telah ditanam dan dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu.  

Kesemek Jawa memiliki nama Latin Diospyros Kaki yang diambil dari nama zat tanin yang dihasilkan oleh buah ini. Dalam bahasa Inggris, kesemek umum disebut sebagai oriental persimmon.  

Dirangkum dari Medical News Today dan Web MD, berikut adalah manfaat buah kesemek Jawa bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan, antara lain: 

Baca Juga: 5 Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung. Simak Penjelasannya di Sini!

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah kesemek Jawa yang pertama bisa turunkan berat badan. Buah kesemek Jawa ukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. 

Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga manfaat buah kesemek untuk kesehatan sangat cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika Anda sedang diet. 

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat buah kesemek Jawa yang kedua adalah bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Kesemek Jawa mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid. 

Senyawa antioksidan, seperti karotenoid dan katekin pada buah kesemek Jawa berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat. 

3. Mengurangi peradangan

Manfaat buah kesemek Jawa yang ketiga bisa membantu mengurangi peradangan. Kesemek Jawa memiliki kandungan antiradang yang bisa membantu memulihkan peradangan dalam tubuh.

Saat mengalami peradangan, tubuh biasanya memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Untuk menetralkannya, tubuh memerlukan asupan vitamin C. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Rutin Agar Awet Muda

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah kesemek Jawa yang keempat adalah menjaga kesehatan mata. Kesemek mengandung sekitar 55 persen asupan vitamin A dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Vitamin A adalah komponen yang dibutuhkan tubuh agar mata berfungsi dan melihat normal. Selain itu, vitamin A juga membantu mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea.  

5. Mengurangi risiko kolesterol

Manfaat buah kesemek Jawa yang kelima ialah dapat menurunkan risiko kolesterol. Buah kesemek Jawa dapat mengurangi kadar kolestrol pada tubuh. 

Dengan mengonsumsi buah kesemek setiap hari secara teratur merupakan ide bagus untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol.

Itulah beberapa manfaat buah kesemek Jawa yang bisa Anda konsumsi dan manfaatnya bisa Anda rasakan untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News