Bugar

Ketahui 5 Makanan yang Ternyata Membuat Kulit Kusam, Mulai Kurangi

Ketahui 5 Makanan yang Ternyata Membuat Kulit Kusam, Mulai Kurangi

MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan kulit kusam? Bisa jadi penyebabnya karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada kondisi kulit.

Pastikan, Anda tetap mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tiap harinya. Hal ini karena kulit kusam membuat penampilan wajah jadi terganggu. Apa saja makanan yang membuat kulit kusam? Melansir dari natur-e.co.id, berikut penjelasannya. 

1. Gorengan 

Makanan pertama yang membuat kulit kusam adalah gorengan. Makanan ini paling populer dan banyak disukai orang. Namun, ada dampak buruk saat mengonsumsi makanan gorengan dalam jumlah banyak bisa memicu kulit tampak berminyak, mudah berjerawat, dan tampak kusam.

2. Olahan Susu

Makanan yang membuat kulit kusam selanjutnya adalah olahan susu. Produk berbagai olahan susu, seperti susu, keju, yogurt hingga es krim juga banyak dikonsumsi banyak orang. Saat terlalu sering mengonsumsi makanan gurih atau manis, maka akan memicu produksi minyak berlebih dan berujung jerawat hingga kusam.

Baca Juga: Pahami 4 Alasan Pentingnya Memiliki Kulit Lembab

3. Kudapan Manis

Suka makanan manis? Banyak yang tahu bahwa makanan tinggi gula bisa berpengaruh pada peningkatan mood. Selain itu, makanan tinggi gula ternyata memiliki efek buruk pada kulit menjadi pemicu beberapa masalah kulit seperti jerawat dan kusam. Menurut situs WebMD, gula dari makanan olahan yang dikonsumsi dapat mengikat protein, yang bikin kulit kencang, halus, dan glowing.

4. Daging Olahan

Makanan yang membuat kulit kusam selanjutnya, yaitu daging olahan. Beberapa olahan daging yang sering diskonsumsi, seperti sosis, kornet, hingga smooked beef yang dikonsumsi berlebihan bisa bikin wajah tampak kurang segar. Selain tingginya kadar natrium yang memicu pembengkakan, terutama di sekitar mata, makanan sedap ini juga jadi salah satu penyebab kulit kusam.

5. Kopi

Makanan yang membuat kulit kusam terakhir adalah kopi. Kini, minuman kopi sudah menjadi lifestyle banyak orang apalagi yang bekerja di kantoran. Menurut Robin Evans MD,pada situs Insider mengingatkan untuk menghindari terlalu banyak kafein karena bisa bikin kulit berubah kering dan kusam. Jika sulit menjalani hari tanpa kopi, batasi 2 cangkir sehari dan imbangi dengan konsumsi air putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News